Nasional

Bio Farma Bakal Kolaborasi dengan Luar Negeri Hadapi Covid 19

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Salah satu upaya Indonesia dalam bidang kesehatan untuk mengatasi Covid-19, Indonesia telah berpartisipasi dalam WHO Solidarity Trial yang bertujuan untuk mempercepat penemuan obat dan vaksin yang berkualitas, manjur dan aman. Solidaritas Trial ini menunjukan bahwa dunia menggalang kerja sama riset untuk mengatasi masalah bersama yaitu penanganan Covid-19.

Direktur Opearsi Bio Farma, M Rahman Roestan, mengatakan, dalam menghadapi Covid-19, dari sisi industri, Indonesia memerlukan kolaborasi industri, regulasi, diplomasi terutama saat pandemic dimana seluruh negara bergerak untuk mencari partner.

Menurutnya, diplomasi kesehatan global menyatukan disiplin kesehatan masyarakat, urusan internasional, manajemen, hukum dan ekonomi dan berfokus pada negosiasi yang membentuk dan mengelola lingkungan kebijakan global untuk kesehatan.

Baca juga :  Pandemi Covid-19, Mantan Wali Kota Makassar Ajak Beribadah di Rumah

“Hubungan antara kesehatan, kebijakan luar negeri dan perdagangan menjadi hal yang baru dalam diplomasi kesehatan global,” ucap Rahman.

Terkait pembuatan vaksin, kata dia, dalam jangka panjang, Bio Farma tergabung dalam koalisi nasional bersama konsorsium pengembangan vaksin Eijkman dan Litbangkes untuk kemandirian nasional. Sedangkan dalam jangka pendek, Bio Farma akan berkolaborasi dengan lembaga riset luar negeri, salah satunya adalah Coalition for Epidemic Preparedness Inovation (CEPI) dari Oslo Norwegia, dan manufacturer dari China yang telah diakui oleh WHO dan bersedia memberikan transfer teknologi ke Indonesia.

“Sehingga, hal ini, merupakan bukti nyata adanya kolaborasi riset dan produksi lintas negara,” ujarnya.

Bio Farma sebagai induk holding farmasi, kata dia, memiliki kompetensi dalam bidang bioteknologi yang sudah berkembang ke arah lifescience. Sementara, anggota holding farmasi, Indofarma, akan fokus ke herbal medicine dan berkembang ke alkes, dan Kimia Farma fokus ke chemical medicine baik unutk obat dan bahan baku obat.

Baca juga :  Saingi Gojek-Grab, Bonceng Gandeng LinkAja

 

 

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com