Nasional

BMKG Ungkap Jakarta Berpotensi Banjir Beberapa Hari ke Depan

BMKG/ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap potensi banjir di DKI Jakarta dalam beberapa hari ke depan karena terjadi penurunan tanah di 40 persen wilayah ibu kota.

“Genangan juga mudah terjadi di Jakarta, karena 40 persen wilayahnya memang sudah lebih rendah karena fenomena penurunan tanah. Terlebih banjir akan lebih meluas apabila terjadi rob pasang naik air laut, sebagaimana terjadi di Semarang,” kata Kepala Sub Koordinator Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto secara tertulis, Minggu (7/2/2021).

Ia menjelaskan potensi banjir didukung oleh kemungkinan terjadinya hujan ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) atau di bagian hulu seperti di Puncak, Bogor.

Jika kondisi itu terjadi dan air hujan membuat debit air meningkat melebihi kapasitas sungai, maka menurutnya banjir sangat mungkin menggenangi wilayah Jakarta.

Sementara kemungkinan banjir meluas akibat air laut yang sedang pasang berkaca pada banjir Semarang, yang berdasarkan pernyataan Siswanto, meluas karena pasang air laut mencapai 1,4 meter.

“Tapi yang menarik dari data historis adalah, untuk kasus Jabodetabek, hujan ekstrem justru berkurang peluangnya pada saat La Nina aktif,” tambah dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkap Bendungan Katulampa, yang merupakan lokasi pemantauan aliran air dari Bogor ke DKI Jakarta, telah ditetapkan pada status Siaga III atau waspada.

INFO DISASTER EARLY WARNING SYSTEM (DEWS) KEPADA WARGA BANTARAN SUNGAI, AKIBAT KENAIKAN BENDUNG KATULAMPA, TMA 90 CM/GERIMIS (WASPADA/SIAGA 3)

Minggu, 07 Februari 2021, Pukul 14.15 WIB#PeringatanDiniJKT #CepatResponJKT#JAKI #PerluTahu pic.twitter.com/24MRL0NNXR

— BPBD DKI Jakarta (@BPBDJakarta) February 7, 2021

Jakarta diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dalam beberapa hari terakhir.

Mengutip informasi dari akun Twitter @BPBDJakarta, ketinggian permukaan air di sana mencapai 90 centimeter per pukul 14.15 WIB. Ini sudah surut dari pantauan pukul 06.00 WIB yang mencatat permukaan air hingga 130 centimeter.

cnn

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com