Nasional

Cegah Corona, Pemprov NTB Tolak Kapal Pesiar Bersandar di Lombok

JAKARTA, EDUNEWS.ID –  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tak mengizinkan kapal pesiar Viking Sun berlabuh di Pelabuhan Gili Mas, Kabupaten Lombok Barat. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi merebaknya virus Corona atau COVID-19.

“Kita tidak terima. Meski mereka juga mengonfirmasi membatalkan rute pelayaran ke Lombok,” jelas Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah saat konferensi pers di Kantor Gubernur NTB, Senin, 9 Maret 2020.

Rohmi mengatakan Viking Sun tak diizinkan berlabuh di Pelabuhan Gili Mas lantaran kapal tersebut juga ditolak kehadirannya di Semarang dan Surabaya. Alasannya, dua penumpang kapal tersebut diindikasikan terpapar virus Corona walaupun pada akhirnya ternyata indikasi itu tidak terbukti.

“Karena kemarin ada indikasi, kita enggak mau, kita membatalkan dan dia juga membatalkan. Kita tidak mau terima kalau ada indikasi,” tutur Rohmi.

Menurut Rohmi, pihaknya berkomitmen mempersilakan kapal-kapal pesiar masuk ke wilayah NTB namun harus tetap dilakukan pemeriksaan ekstra ketat. Salah satunya terhadap kapal pesiar MS Columbus yang akan datang hari ini, Selasa, 10 Maret 2020.

“Kalau kapal pesiar lainnya yang datang, kita persilakan. Tapi harus dengan pemeriksaan ekstra ketat,” ucap Rohmi.

Selama tahun ini, Rohmi mengatakan ada sekitar 28 call kapal pesiar sandar di NTB. Sementara yang sudah bersandar sampai dengan saat ini sudah enam kapal pesiar, diantaranya yang berbendera Bahama, MV Albatros.

“Insya Allah, besok pagi Tim KKP juga akan melakukan pemeriksaan ekstra ketat pada kapal MS Columbus. Kondisi pemeriksaan oleh tim KKP ini sama kayak kapal pesiar MV Albatros yang sudah sandar pada hari ini,” ujar dia.

tmp

Baca Juga :   Daftar Barang dan Jasa yang Tak Kena PPN 12%
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com