Nasional

Diduga Korupsi Uang Guru, Kepala Balitbangda PALI Ditangkap

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Diduga melakukan tindak pidana korupsi uang makan guru, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, berinisial AH, ditetapkan sebagai tersangka. AH kini dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 B Muara Enim selama 20 hari.

Kepala Kejaksaan Negeri PALI Marcos Marudut Simare Mare mengungkapkan, total kerugian negara akibat ulah tersangka sebesar Rp573 juta. Tindak pidana yang dilakukannya ketika menjabat Kepala Dinas Pendidikan setempat tahun 2017.

“Setelah jadi tersangka, kita lakukan penahanan selama 20 hari sejak kemarin sebelum disidang,” ungkap Marcos, Rabu (11/12/2019).

Dikatakannya, tersangka diduga menggelapkan uang makan guru dan pegawai sebesar Rp 700 juta dari APBD pada Januari hingga Maret 2017. Untuk menutupi kegunaan uang yang mestinya dialokasikan, tersangka mengambil anggaran Oktober hingga Desember 2017.

Baca juga :  Pilwalkot Makassar, Alumni Universitas Bosowa Bentuk Tim Dukung Petahana

“Tetapi tidak ada laporan pertanggungjawaban pengeluaran atau kegunaan,” tuturnya.

Dari total anggaran yang dikorup, tersangka telah mengembalikan uang kepada negara sebesar Rp200 juta yang diserahkan dua tahap, yakni Rp40 juta pada 16 Juli 2019 dan Rp160 juta pada 3 Desember 2019.

“Semua uang yang dikorup digunakan tersangka untuk kepentingan pribadi. Saat ini kami sita uang Rp100 juta sebagai barang bukti,” ucap dia.

Marcos menyebut tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru sesuai hasil pengembangan. Sementara tersangka sejauh ini cukup kooperatif selama menjalani pemeriksaan.

“Tersangka mengakui perbuatannya. Sementara ini baru satu tersangka, kita kembangkan lagi untuk mengetahui kemungkinan keterlibatan pihak lain,” ujarnya.

mrd

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!