Nasional

Dosen Ikut HTI? ini Sikap Menteri Agama

MENTERI AGAMA, LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sudah dibubarkan. Namun pengaruhnya diyakini masih mengendap, bersembunyi di ruang-ruang gelap kampus. Siapa saja bisa terlibat sebagai penyebar paham, baik mahasiswa maupun dosen-dosennya.

Hal inilah yang sedang diselidiki pemerintah. Melalui Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pemerintah bermaksud mendata kemungkinan adanya civitas akademik yang masih menyebarkan paham anti-Pancasila di Indonesia. Seruannya jelas, jika ada yang terbukti terlibat, sanksi terberat adalah diberhentikan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait pengajar di universitas maupun institut perguruan tinggi di bawah pengawasan kementerian agama yang terbukti menganut paham-paham yang tak sejalan dengan landasan negara.

Baca juga :  Update Corona 13 Juni: 37.420 Positif, 13.776 Sembuh

“Tapi kalau pun ada, tentu kami akan melakukan pendekatan-pendekatan yang lebih intensif, lalu bisa juga dengan berdialog, membangun pemahaman yang sama dengan yang bersangkutan,” terang Lukman kepada awak media usai menghadiri Rapat Koordinasi Pembekalan kepada Rektor/Ketua/Direktur dan Koordinator Kopertis Perguruan Tinggi se-Indonesia dalam rangka Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi Mahasiswa Baru 2017 di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Advertisement

Sebab prinsipnya, menurut Lukman, Pancasila adalah komitmen bersama yang tidak bisa diganti dengan paham mana pun dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Lukman menilai pendekatan bela negara yang akan segera ditanamkan di perguruan tinggi sebagai langkah yang positif, setidaknya untuk menangkal ideologi radikal itu di kalangan intelektual. Supaya tidak perlu ada lagi akademisi yang cerdas tetapi terjebak pada ideologi yang berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com