Nasional

DPR Dukung Tes CPNS Dilanjutkan di Era Pandemi Covid 19

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Komisi II DPR menyetujui kelanjutan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 di tengah pandemi Covid-19. Syaratnya, itu tak menurunkan kualitas aparatur sipil negara (ASN) nantinya.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melanjutkan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang rencananya digelar pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020.

“Komisi II DPR mendukung KemenPAN-RB dan BKN melaksanakan SKB CPNS tahun 2019 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, di Jakarta, Selasa (23/6/2020)

Hal itu dikatakannya saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja (Raker) Komisi II DPR dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga :  Ketum IGI : Perjuangan IGI untuk Guru Honorer Menemui Titik Terang

“Meminta Kemenpan RB dan BKN dapat menjamin bahwa penyederhanaan materi SKB pada tes penerimaan CPNS tahun 2019 tidak berakibat pada penurunan kualitas, kapabilitas, dan profesionalisme ASN,” tutur dia.

Selain itu, Komisi II DPR juga meminta kementerian untuk mengalokasikan formasi yang benar-benar dibutuhkan di instansi terkait.

Advertisement

“Kami juga meminta KemenPAN-RB dalam menetapkan alokasi formasi CPNS benar-benar memperhatikan kebutuhan instansi di pusat dan daerah serta disesuaikan dengan kondisi dan situasi terkini,” ucap Doli.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengaku akan melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019. Yakni, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Seleksi CPNS formasi 2019 memang mundur dari yang ditetapkan karena pandemi Covid-19, seharusnya rangkaian seleksi pada Mei 2020. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah memutuskan bahwa seleksi SKB yang tertunda akan dilaksanakan dengan pertimbangan UU,” ujar dia.

Dalam raker tersebut, Komisi II DPR juga menyetujui penambahan anggaran yang diajukan Kemenpan RB sebesar Rp96,8 miliar, KASN Rp31,6 miliar, dan BKN Rp52,9 miliar.

Seluruh usulan penambahan anggaran untuk 2021 yang telah disetujui Komisi II DPR itu selanjutnya akan dibawa dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com