Nasional

DPR-RI Resmi Dilantik, Ini Harapan JK

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap anggota baru DPR benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik selama menjalankan tugas dan kewajibannya di periode 2019-2024.

“Harapannya DPR ini berfungsi betul. Fungsi DPR ini kan tiga hal, legislasi, budgeting dan pengawasan; tiga hal itu yang harus dilaksanakan dengan baik,” tutur Wapres JK kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Selasa.

Wapres mencatat rapor merah DPR periode 2014-2019 adalah terkait fungsi legislasi yang terlambat, termasuk di antaranya pembahasan sejumlah revisi dan rancangan UU yang terburu-buru dilakukan di akhir periode.

“Kalau kita lihat, lima tahun ini (fungsi) legislasi telat. Tapi ini sulitnya DPR, mau cepat salah, mau lambat juga salah. Nah, ini kan memperlambat juga. Jadi serba salah juga DPR sebenarnya,” ucap Wapres.

JK menilai keterlambatan DPR sebelumnya terkait proses legislasi disebabkan oleh kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait UU yang dirancang. Akibatnya, banyak pihak tidak memeriksa secara rinci mengenai revisi atau rancangan UU tersebut.

Oleh karena itu, anggota DPR baru diharapkan dapat memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat mengenai revisi dan rancangan UU yang sedang dibahas.

“Banyak kita kadang-kadang tidak memeriksa, jadi apa yang kita tidak suka ya langsung saja tidak suka. Maka DPR harus bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai isu UU itu. Juga Pemerintah, karena UU itu kan hasil dari DPR dan Pemerintah,” ujarnya.

Sebanyak 575 anggota terpilih DPR RI periode 2019-2024 menghadiri sidang paripurna pelantikan anggota DPR-DPD-MPR dan mengambil sumpah jabatan yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali.

Acara pelantikan tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla serta sejumlah tokoh nasional seperti Try Sutrisno, Megawati Soekarnoputri dan Hamzah Haz.

Baca Juga :   Tindaklanjuti Perkembangan Proyek Kereta Api, Jurnalis Kesulitan Temui Kepala BPN Makassar

ant

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com