Nasional

Erick Thohir Pastikan Proyek Kereta Cepat Tetap Jalan di Tengah Wabah Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan tetap berjalan di tengah wabah virus corona. Sebab, proyek transportasi merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah.

“Termasuk proyek kereta cepat, kondisi partner dengan China tentu TKA belum bisa masuk dan pasti ada delay tapi proyek mesti jalan terus karena transportasi publik yang akan diutamakan,” katanya.

Selain itu, Erick juga menegaskan proyek strategis seperti mega proyek pembangkit listrik 35.000 MegaWatt (MW) akan terus digenjot meski negara tengah menghadapi tantangan perlambatan pertumbuhan ekonomi. Alasannya, BKPM telah merampungkan pemetaan kebutuhan industri akan listrik dan tak bisa ditunda.

Kementerian BUMN dan kementerian terkait telah menyeleksi proyek-proyek yang dapat ditunda di tengah wabah virus corona. Proyek yang dianggap tidak mendesak berpotensi mundur pelaksanaannya.

Baca juga :  HMI MPO, IMM, Pemuda Pancasila dan Koalisi Masyarakat Sipil di Makassar Aksi Tolak Penetapan Revisi UU KPK

Erick menerangkan wabah virus corona membuat arus kas BUMN tak memungkinkan melanjutkan sebagian target proyek. Terlebih, negara tengah fokus dalam menanggulangi wabah virus corona,

“Kami sudah mengadakan review dengan keadaan ini (wabah virus corona), arus kas BUMN seperti apa, proyek apa yang didahulukan dan apa yang ditunda tapi enggak bisa ditunda semua,” ujarnya pada penandatanganan MoU dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal, Senin (30/3/2020).

Dalam seleksinya, Erick melibatkan seluruh direktur utama perusahaan pelat merah untuk menentukan proyek apa saja yang dapat dikerjakan di kemudian hari. Sementara, proyek yang menyangkut kebutuhan dasar orang banyak akan menjadi prioritas.

Namun, mantan bos klub bola Inter Milan itu enggan menunda banyak proyek yang telah diamanahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, ia tak mau keteteran dari negara lain setelah pandemi covid-19 mereda.

Baca juga :  PKB Mengaku Lebih Pantas Dapat Kursi MPR Dibanding Gerindra

Setelah menyiapkan proposal penundaan proyek BUMN, Erick menunggu lampu hijau dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pasalnya, pembiayaan proyek berbeda-beda mulai dari Pendanaan Modal Negara (PMN) hingga Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com