Nasional

Gubernur DKI Perpanjang PSBB Hingga 4 Juni

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berakhir 22 Mei. Anies memperpanjang PSBB selama 14 hari atau hingga 4 Juni 2020.

“Dan ini akan bisa menjadi PSBB penghabisan jika kita disiplin. Karena itu, saya ingin sampaikan kepada semua, jangan sampai kita harus memperpanjang lagi. Kami mengambil semua keputusan mengandalkan kepada temuan-temuan ilmiah. Ini semua berbasis pada sains, bukan kira-kira. Seperti kelihatannya kok suasananya sudah enak, bukan seperti itu. Tetapi mengandalkan pada data-data seperti ini,” katanya, kemarin.

“Nah ini sebabnya bagi semuanya seluruh masyarakat Jakarta, di hari-hari ke depan, saya minta tetap disiplin. Meskipun kita memasuki musim lebaran, tetaplah berada di rumah, tetaplah bersama keluarga, kurangi kegiatan ke luar. Supaya kita bisa benar-benar mengakhiri masa PSBB ini. Yang menentukan bukan pejabat pemerintah, yang menentukan bukan sekadar penegak hukum, yang menentukan adalah kita semua,” tambah Anies.

Baca juga :  PDIP Sebut Penghentian Reklamasi Jakarta Bertentangan dengan Pusat

Anies pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah disiplin dalam dua bulan terakhir. Menurut eks mendikbud ini, mereka adalah pahlawan dalam pengendalian penyebaran Covid-19. Sementara tenaga medis adalah pertahanan terakhir.

“Bila kita bisa berada di rumah, bila kita mencegah penularan, maka tidak bertambah pasien. Dengan begitu, pertahanan terakhir yaitu para tenaga medis tidak terbebani. Tapi bila kita bepergian, kita tidak menjaga jarak, kita longgar, maka kita menambah beban untuk pertahanan terakhir kita yaitu para tenaga medis. Jadi saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada semua yang sudah menjaga,” tutur Anies.

“Dan kepada yang belum, saya ingin memanggil untuk ikut ambil tanggung jawab. Mari kita ambil tanggung jawab. Mereka yang selama ini belum disiplin di rumah, dua minggu ke depan mari kita disiplin di rumah. Kendalikan ini semua, sehingga Jakarta benar-benar bisa sukses mengendalikan virus ini. Dan insya allah kita bisa kembali berkegiatan normal,” ucapnya.

Baca juga :  Soal Kasus Hukum UAS, Ini Kata Mahfud MD

Lebih lanjut, Anies bilang akan mengumumkan fase-fase pembukaan agar semua masyarakat bisa kembali berkegiatan, termasuk sektor-sektor mana yang akan dimulai lebih dulu. Tapi itu semua harus merujuk kepada temuan dari angka reproduksi ini.

“Demikian penjelasan dari kami di Pemprov DKI Jakarta. Jadi PSBB diperpanjang sampai tanggal 4 Juni dan mudah-mudahan ini menjadi PSBB penghabisan. Mari kita sama-sama. Kita bisa! Seluruh warga Jakarta, saya percaya, kita bisa! Disiplin kita kerjakan, dan Insya Allah ini menjadi penghabisan bagi kita semua. Setelah itu kita memulai babak baru bisa berkegiatan di luar rumah seperti semula, dan tentu dengan protokol yang baru,” ujar Anies.

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com