Nasional

Ikatan Dokter Anak Prediksi Kasus Corona Meningkat jika Pemerintah ‘Ngotot’ Buka Sekolah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) prediksi kasus penularan corona pada anak-anak meningkat jika sekolah kembali dibuka dalam waktu dekat.

“Saat ini pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih sangat berisiko menimbulkan lonjakan jumlah kasus baru. Dengan memperhatikan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 yang masih terus bertambah, mulai melonggarnya PSBB kemungkinan terjadi lonjakan jumlah kasus kedua, dan masih sulitnya menerapkan pencegahan infeksi pada anak-anak,” tutur Aman melalui keterangan tertulis.

“Maka IDAI menganggap perlu memberikan anjuran mengenai kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19,” tambah Aman.

pihaknya menganjurkan untuk melanjutkan pembelajaran jarak jauh baik dalam jaringan maupun luar jaringan.

“Dengan mempertimbangkan antisipasi lonjakan kasus kedua, sebaiknya sekolah tidak dibuka setidaknya sampai bulan Desember 2020,” ujar keterangan pers IDAI secara tertulis.

Baca juga :  Dianggap Tak Sesuai Zaman, SD Standar Inpres akan Direhabilitasi

IDAI juga menganjurkan peran aktif siswa, guru dan orang tua dalam proses belajar jarak jauh serta menjadikan rumah sebagai sekolah atau tempat pembelajaran. Sedangkan pembukaan kembali sekolah-sekolah dapat dipertimbangkan jika jumlah kasus Covid-19 telah menurun.

Selanjutnya, jika telah memenuhi syarat epidemiologi pembukaan sekolah, IDAI mengimbau pengelola untuk bekerja sama dengan cabang IDAI di masing-masing daerah. Dengan begitu bisa menyusun perencanaan meliputi kontrol epidemi, kesiapan sistem layanan kesehatan dan sistem surveilans kesehatan guna mendeteksi kasus bari dan pelacakan kontak.

Selain itu, untuk keperluan eksplorasi data secara akurat, IDAI menyarankan agar pemerintah bersama pihak swasta melakukan pemeriksaan rt-PCR secara masif–30 kali lipat dari jumlah kasus konfirmasi Covid-19–termasuk pada kelompok usia anak.

Baca juga :  Pemko Jayapura Tunjuk 60 Sekolah Sebagai Model Sekolah Layak Anak

IDAI berharap masyarakat dan pelbagai pihak penyelenggara pendidikan serta pembuat kebijakan mengutamakan aspek kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com