Nasional

Indonesia Jajaki Kerjasama Pendidikan Vokasi dengan Singapura

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

SINGAPURA, EDUNEWS.ID – Untuk pengembangan pendidikan vokasi industri, saat ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menjajaki kerja sama dengan institusi pendidikan di Singapura.

Kerjasama ini diharapkan dapat menerapkan kurikulum dual system sehingga menghasilkan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan industri. Pemerintah berupaya secepat mungkin menghasilkan sumber daya manusia (SDM) untuk kebutuhan industri.

“Kita memerlukan hasil yang cepat dan tepat untuk mencetak sumber daya manusia industri. Maka kami susun program link and match antara SMK dengan industri serta mendirikan sekolah-sekolah baru dengan desain khusus,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berkunjung ke Singapura, Minggu (26/3/2017).

Dia mengatakan, kerja sama potensial yang bisa dijalin antara lain pengembangan sistem pendidikan vokasi dengan konsep dual system, yakni pendekatan pendidikan yang tidak hanya belajar teori.

Baca juga :  SDM Pariwisata Diperkuat

Tetapi juga lebih menekankan praktik lapangan. Kemudian, perluasan akses dan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk pemagangan pada perusahaan industri di Singapura.

“Kami juga akan memfasilitasi peningkatan kapasitas bagi penyelenggara pendidikan vokasi melalui workshop, seminar, pelatihan teknis dan magang industri, pembentukan master trainer bidang vokasi industri, penyesuaian dan penyetaraan standar kualifikasi tenaga kerja industri serta pengembangan fasilitas dan teknologi pembelajaran pendidikan vokasi,” papar Airlangga.

Terkait hal itu, Airlangga juga berencana mengadaptasi modul-modul yang digunakan lembaga pendidikan vokasi Singapura seperti ITE (Institute of Technical Education).

“Kami juga sudah sampaikan kepada Menteri Ong, bahwa kita ingin belajar dari modul pendidikan di sini (Singapura) yang memberikan pelatihan untuk berbagai jenis keterampilan serta mengirimkan para trainer kami untuk belajar di Singapura,” ujar dia.

Baca juga :  Kerjasama dengan TNI AL, Pemrpov Jatim : Semoga Dapat Kurangi Angka Tenaga Kerja Tidak Terampil

Selain mengirimkan trainer, Airlangga juga mengharapkan pertukaran pelajar dalam program pemagangan di industri.
EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com