Nasional

Jelang New Normal, WHO Dorong Jakarta Perbanyak Tes Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Indonesia N Paranietharan mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan lebih banyak tes Covid-19 agar Ibu Kota dapat menuju new normal.

Ia mengatakan, keandalan data merupakan salah satu prasyarat yang ditetapkan WHO jika pemerintah ingin melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Apa yang diperlukan Jakarta saat ini adalah membuat dana semakin reliabel dari sebelumnya,” tuturnya dalam Konferensi Pers Protokol Masyarakat Produktif dan Aman yang diselenggarakan Bappenas, Kamis (21/5/2020).

WHO, lanjut Paranietharan, juga terus melakukan pemantauan terhadap kasus-kasus positif terinfeksi virus corona yang telah dikonfirmasi oleh pemerintah.

Di banyak negara, kata dia, konfirmasi terhadap kasus-kasus baru, pelacakan kontak dan isolasi orang-orang yang dikategorikan sebagai “suspect” masih dilakukan.

Baca juga :  Tak Bisa Kendalikan Corona, Presiden AS Trump Putuskan Pendanaan ke WHO

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah harus mendorong masyarakat untuk lebih tertib menjalankan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik dalam jangka waktu yang panjang.

Saat ini tingkat bilangan reproduksi di DKI Jakarta tercatat sudah mendekati 1. Tingkat bilangan reproduksi dasar merupakan kadar yang mengukur potensi penyebaran suatu virus di sebuah populasi.

Tingkatan ini menunjukkan rata-rata jumlah individu yang mungkin terinfeksi secara langsung dari seorang penderita yang terjangkit virus.

Jika tingkat bilangan reproduksi berada di bawah 1, artinya penderita virus memiliki potensi penularan kurang dari satu orang. Sebaliknya, jika angkanya lebih dari 1, itu artinya seorang penderita virus bisa menularkan penyakit ke dua atau tiga orang sekaligus dalam satu waktu.

Baca juga :  Jokowi minta Mendikbud jadikan 'Hormati Guru' sebagai Gerakan Nasional

“Jika kita memiliki setidaknya 80 persen orang yang disiplin cuci tangan, menggunakan masker yang dapat digunakan kembali, dan menjaga jarak fisik, maka kita dapat menurunkan angka reproduksi virus ke bawah 1,” ucapnya.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com