Nasional

Jokowi Sebut Lima Pimpinan KPK yang Terpilih Semuanya Kewenangan DPR

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait terpilihnya lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Diketahui Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memilih lima pimpinan KPK dini hari tadi, Jumat (13/9/2019).

Jokowi menyatakan lima pimpinan KPK baru yang telah terpilih itu telah lolos Panitia Seleksi Capim KPK. Menurutnya, prosedur pemilihan pimpinan lembaga antirasuah itu sepenuhnya kewenangan DPR.

“Itu sudah lolos pansel dan prosedurnya semuanya ada di kewenangan DPR,” tutur Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sebelumnya, Komisi III DPR melakukan uji kompetensi dan kelayakan terhadap sepuluh calon pimpinan KPK. Setelah proses tersebut anggota Komisi III langsung memilih lima dari sepuluh calon punggawa lembaga antikorupsi dini hari tadi.

Baca juga :  PBB Akui Prestasi SBY Tangani Tsunami Aceh

Lima nama pimpinan KPK periode 2019-2023 yang terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh 56 anggota Komisi III DPR. Kelima orang itu antara lain, Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango serta Nurul Ghufron.

“Pertama Nawawi, kedua Lili, ketiga Nurul, keempat Alexander, dan kelima Firli,” ujar Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Perolehan suara masing-masing nama calon yang terpilih itu yakni Firli mendapatkan 56 suara, Alexander 53 suara, Nawawi 50 suara, Lili 44 suara, serta Nurul memperoleh 51 suara. Setelah itu secara aklamasi, Firli dipilih menjadi ketua KPK.

cnn

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!