Nasional

Jubir Satgas Wiku Klaim GeNose Ampuh Deteksi Virus Corona

genose

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan alat tes virus corona GeNose ampuh untuk mendeteksi Covid-19.

Wiku mengatakan alasan pihaknya menyetujui penggunaan alat tes yang dibuat peneliti Universitas Gajah Mada (UGM) itu sebagai syarat perjalanan orang karena terbukti memiliki keampuhan sensitivitas dalam mendeteksi Covid-19 di atas 90 persen.

“Jadi sudah dipastikan efektif untuk screening (penapisan) awal, dari asesmen Kementerian Kesehatan diketahui bahwa sensitivitas dan spesifisitas alat ini berada di atas 90 persen,” kata Wiku kepada CNNIndonesia.com, Rabu (27/1/2021).

Ia juga mengatakan, Kementerian Kesehatan telah memberikan surat izin edar GeNose sehingga bisa digunakan sebagai alat deteksi risiko infeksi Covid-19 oleh masyarakat.

Baca juga :  Nelayan Kampung Baru ini Ditangkap Polisi Gegara Kritik Jembatan Reklamasi

“Sebelum penggunaan GeNose diizinkan, Kementerian Kesehatan telah memberikan surat izin edar yang telah melalui asesmen khusus,” tuturnya.

Sebagai informasi, Satgas Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Melalui SE tersebut, Satgas memperbolehkan penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa menggunakan GeNose untuk tes Covid-19. Selain itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan GeNose juga akan dipakai secara acak di moda transportasi bus.

Sementara itu, kebijakan penggunaan GeNose tak sedikit dikritik para ahli epidemiologi karena berisiko bisa menghasilkan hasil negatif palsu (false negative) dan hasil positif palsu (false positive).

Baca juga :  Pakar Sebut Belajar di Sekolah Tak Sebanding dengan Tertular Positif Covid 19

“Masih ada false negatif dari GeNose, jadi ya, bisa hasilnya negatif tapi ternyata positif, sehingga menularkan, dan berakibat pada lonjakan kasus positif Covid-19,” ujar Epidemiolog FKM UI Pandu Riono saat dihubungi CNNIndonesia.com.

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com