Nasional

KAMI Deklarasi 18 Agustus, Siapkan Sejumlah Maklumat untuk Presiden Jokowi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan akan mendeklarasikan secara resmi organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) pada 18 Agustus nanti.

Ia mengklaim terdapat 150 orang yang jadi anggota koalisi, terdiri atas berbagai elemen masyarakat. Din juga menyebut KAMI telah menyiapkan delapan tuntutan untuk pemerintah dan Presiden Joko Widodo saat deklarasi nanti.

Delapan tuntutan itu, menurut Din, berisi butir keprihatinan terhadap kondisi negara, mulai dari bidang ekonomi, politik, sosial, hukum, HAM, hingga sumber daya alam.

“Kami akan menjelaskan pada setiap sektor dari kehidupan nasional itu, apa yang kita nilai terjadi kerusakan penyimpangan dan penyelewengan, dan baru kemudian di bagian akhir kami mengajukan delapan tuntutan,” kata Din dalam konferensi pers daring, Sabtu (15/8/2020).

“Ada tuntutan kepada penyelenggara negara, pemerintah, dan tuntuan spesifik kepada presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan,” ucapnya.

Din menyatakan KAMI akan dideklarasikan pada 18 Agustus 2020 pukul 10.00 pagi di Tugu Proklamasi, Pegangsaan Timur, Jakarta, dan deklarasi itu menjadi rangkaian dari peringatan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia, serta bertepatan dengan hari lahir Pancasila pada 18 Agustus.

Sebelumnya, Din pernah mengumumkan keberadaan KAMI pada 2 Agustus lalu. Beberapa tokoh yang turut hadir pada acara yang digelar di suatu restoran di Fatmawati, Jakarta Selatan itu adalah Mantan Sekretaris Kementarian BUMN Said Didu, akademisi Rocky Gerung, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, MS Kaban, Jumhur Hidayat, hingga Sri Bintang Pamungkas.

Nama-nama lain yang disebut masuk ke dalam gerakan KAMI adalah Rizal Ramli, Rahmawati Soekarnoputri, Taufik Ismail, dan Gatot Nurmantyo.

Din juga mengklaim saat ini KAMI  mendapat dukungan oleh masyarakat di sejumlah wilayah, baik di dalam dan luar negeri. Di luar negeri, KAMI telah telah dideklarasikan oleh WNI di Amerika Serikat, Qatar Swiss, hingga Taiwan.

Baca Juga :   PSI Jagokan Kaesang di Pilgub DKI Jakarta

“Jadi mohon menggambarkan ini adalah koalisi yang sangat majemuk baik antarprovinsi, agama, termasuk juga generasi muda,” ujarnya.

 

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com