Nasional

Kemendagri Proses Pelantikan Gubernur DIY

MENTERI DALAM NEGERI, TJAHJO KUMOLO

 

 

 

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Proses pelantikan Gubernur DIY tengah diproses. Saat ini sudah ada surat masuk ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait permintaan pelantikan Gubernur DIY. Menurut rencana, pelantikan Gubernur DIY akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

“Dirjen Otonomi Daerah (Otda) sudah dikirim untuk berkomunikasi dengan DPRD dan Pemda DIY. Sudah kita laporkan ke Presiden apakah nanti pelantikannya Oktober ini,” ungkap Mendagri Tjahjo Kumolo saat ditemui di Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pengembangan Sumberdaya, Kementerian Dalam Negeri, Yogyakarta Jalan Melati Kulon, Nomor 1, Baciro, Gondokusuman, Kamis (21/9/2017).

Politisi PDIP ini menuturkan ada beberapa pilihan terkait pelantikan Gubernur DIY. Di antaranya, pelantikan akan diselenggarakan di Jakarta atau di Yogyakarta. Jika mengacu pada undang-undang, kata Tjahjo, pelantikan digelar di Istana Negara.

Baca juga :  Jelang Pilgub Jatim, Khofifah Gelar Pertemuan Tertutup dengan Kiai Tebuireng

“Yang penting (pelantikan) di Istana, bisa Jakarta atau Yogyakarta. Bisa bersamaan pelantikan Gubernur DKI dan DIY atau masing-masing. Sedang kita ajukan ke Setneg apakah bersamaan atau masing-masing,” papar Tjahjo.

Terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang akhirnya memperbolehkan perempuan menjadi Gubernur DIY, Tjahjo enggan menanggapinya. Tjahjo beranggapan jika putusan MK itu muncul karena MK tak melihat permasalahan gender baik laki-laki maupun perempuan untuk menjadi Gubernur.

“Itu urusan Keraton. Kami tak ikut campur. Ada ranah masing-masing. Kita menjalankan undang-undang. Ada pangeran keraton, ada otonomi khusus. Saya hanya berpegang pada aturan,” tutup Tjahjo.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com