DAERAH

Kutuk Keras Pencaplokan Pulau di Mentawai oleh Asing

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kalangan DPR mengutuk keras tindakan warga negara asing yang telah melarang anggota DPRD Sumatera Barat yang akan memasuki kawasan Aloita Resort di Pulau Makakang, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Mentawai, Sumbar.

Anggota DPR dari Fraksi PAN Sukiman mengatakan sebagai negara yang berdaulat tindakan semacam itu tidak boleh terjadi.

“Saya mengutuk keras kejadian semacam ini. Sebagai negara yang berdaulat kejadian seperti ini menjadi preseden yang buruk dan tidak boleh terjadi lagi dimasa-masa yang akan datang,” ujar Sukiman yang juga Tim Pengawas Daerah Perbatasan yang dibentuk DPR, di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Lebih lanjut Sukiman merasa sangat prihatin kalau ada salah satu pulau di Indonesia ini dikuasai oleh pihak asing. Apalagi bila pulau tersebut sudah berubah nama sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Baca juga :  Fokal IMM Tolak Ajakan Boikot Pilpres

“Ini adalah bentuk pengkhianatan terhadap NKRI. Dan pihak-pihak yang terlibat harus diusut tuntas,” ungkapnya.

Dalam situasi pemerintah yang sedang gencar-gencarnya menggalakkan pembangunan perbatasan kejadian semacam ini harusnya tidak perlu terjadi. Pemerintah dan pihak-pihak terkait harus lebih serius untuk menyelesaikan masalah ini.

“Ini sudah menyangkut harga diri bangsa. Semua pihak yang terkait harus menyikapi masalah ini secara serius,” jelas Sukiman.

Diingatkan selain masalah pulau-pulau kecil yang sangat rawan dikuasai oleh pihak asing, masalah lain yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah soal patok-patok batas. “Masalah pemindahan patok-patok batas harus menjadi perhatian serius. Karena pemindahan batas patok masih sering terjadi dan ini tentu sangat merugikan kedaulatan kita,” demikian Sukiman.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!