Nasional

Menag : Pramuka Tekankan Penanaman Karakter dan Kepribadian

LUBUK LINGGAU, EDUNEWS.ID – Karya Bakti Pramuka (Kartika) ke-21 2017 merupakan agenda reguler yang dilaksanakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Tujuannya adalah untuk meneguhkan keberadaan pramuka sebagai tunas-tunas bangsa yang kelak suatu saat akan mendapat gilirannya mengelola negara dan bangsa yang sedemikian besarnya seperti Indonesia ini.

“Kita bersyukur, pramuka hadir dalam rangka agar kita sebagai generasi muda tetap terjaga dan terpelihara karakter kita, karena yang utama ditekankan pramuka adalah penanaman karakter dan kepribadian, tidak hanya wawasan tapi juga penanaman nilai-nilai yang tentu sejalan dengan realitas keindonesiaan kita,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika membuka resmi Karya Bakti Pramuka (Kartika) ke-21 2017 di Lubuk Linggau, Jum’at (13/4/2017).

Baca juga :  Menag Berharap Kenaikan Biaya Haji dan Umroh tak Signifikan

Dan yang tidak kalah pentingnya, ucap Lukman, selain penanaman karakter, adalah bagaimana dari waktu ke waktu kita terus dilatih dan dididik untuk lebih berkemampuan dan trampil dalam menjalani kehidupan ini. Dan dalam konteks Indonesia pramuka memegangi dan bertumpu pada nilai-nilai agama.

Advertisement

“Mudah-mudahan penanaman nilai-nilai karakter yang sekarang semakin relevan tidak hanya terkait dengan integritas, kejujuran dan saling menghormati semakin memiliki tingkat urgensi yang tinggi,” kata Menag.

Selain penanaman nilai-nilai karakter, Lukman juga mengatakan bahwa juga menyampaikan bahwa yang tidak kalah pentingnya dari pramuka adalah penanaman cinta Tanah Air.

Karena hakekat pramuka, selain pendidikan karakter dan membangun dan mengembangkan keterampilan yang ada pada diri masing-masing, pramuka di manapun berada senantiasa menumbuhkan rasa cinta kita kepada Tanah Air, bumi pertiwi dan tanah tumpah darah kita sendiri.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com