Nasional

Menhub Minta Moda Transportasi Tetap Layani Warga di Tengah Pandemi Covid 19 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh insan transportasi untuk tetap melayani masyarakat dengan maksimal meski ada virus corona. Permintaan tersebut ia sampaikan dalam Peringatan Hari Perhubungan Nasional yang dilakukan Kamis (17/9/2020) ini.

Budi juga meminta saat penyebaran virus corona, insan transportasi bisa melayani masyarakat dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

“Selalu laksanakan ‘3M’ yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tuturnya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Selain masalah tersebut, dalam peringatan itu Budi juga menyinggung soal tantangan dalam proses pembangunan transportasi. Salah satunya, berkaitan dengan pemenuhan akses dan keterjangkauan.

Masalah lain berkaitan dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan perubahan karakteristik pasar baik lokal, regional maupun global. Ia mengatakan menyelesaikan tantangan tersebut butuh kualitas layanan transportasi yang baik.

Baca juga :  Menteri Teten Masduki akan Galakkan Program Rebranding Koperasi

Untuk mengatasi tantangan itu, ia akan mendorong agar pembangunan sistem transportasi di dalam negeri ke depan bisa dilakukan dengan memperhatikan dampaknya terhadap suatu wilayah. Hal itu perlu dilakukan agar muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Advertisement

“Pembangunan sistem transportasi harus diamati dengan kacamata yang berbeda, tidak hanya memperhatikan biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan saja, tapi juga harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan di suatu wilayah agar muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” ucap Budi.

Selain berdampak terhadap suatu wilayah, Budi menjelaskan pembangunan sistem transportasi harus dilakukan secara berkelanjutan. Strategi itu diperlukan supaya dapat menekan emisi atau limbah, meminimalisir konsumsi sumberdaya yang tidak terbarukan.

“Pembangunan transportasi harus berkelanjutan supaya memungkinkan kebutuhan akses yang mendasar bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan selamat, terjangkau, efisien, memberikan pilihan moda transportasi, dan mendukung perkembangan ekonomi,” ujarnya.

 

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com