Nasional

Menkeu Sri Mulyani Ungkap Ancaman ‘Climate Change’ Lebih Ngeri dari Pandemi Covid-19

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini memang menekan semua sektor mulai dari kesehatan, perekonomian sampai kesejahteraan sosial. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan selain COVID-19 ini ada ancaman lain untuk dunia, bahkan dampaknya bisa sama dengan pandemi COVID-19 ini.

Dia mengungkapkan climate change atau perubahan iklim ini adalah masalah besar yang harus dihadapi.

“Climate change adalah global disaster yang magnitude nya diperkirakan sama seperti pandemi COVID-19,” kata dia dalam keynote speech ESG Capital Market Summit, Selasa (27/7/2021).

Sri Mulyani mengungkapkan, jika COVID-19 ini muncul dan menyebar sangat cepat hingga ke seluruh dunia. Akibat COVID-19 ini kebiasaan manusia harus diubah dan mobilitasnya harus dibatasi.

Sedangkan untuk climate change ini sudah diteliti oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia. Perubahan iklim ini adalah hal yang tak bisa dihindari oleh semua negara.

Menurut dia, setiap negara pasti akan melakukan pembangunan dan membuat mobilitas semakin tinggi dan menyerap konsumsi energi yang semakin besar. Hal ini turut menekan sumber daya alam di dunia.

“Sama dengan pandemi, tak ada satu negara yang bisa terbebas dari ancaman climate change. Bahkan sama seperti pandemi, negara yang tidak siap di sisi kesehatan dan kemampuan fiskal dan sisi disiplin apalagi kemampuan untuk mendapatkan vaksin mereka mungkin akan terkena paling berat dampaknya dari pandemi,” terangnya.

Karena itu seluruh negara di dunia harus mempersiapkan kebijakan untuk memitigasi dampak climate change ini. Hal ini demi mengindari dampak katastropik perubahan iklim.

 

 

dtk

Baca Juga :   BUMN Gelar Mudik Gratis 2024
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com