Nasional

Menko Polhukam Wiranto Bantah Pernyataan Gubernur Papua Soal Kepentingan Tokoh Papua

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menkopolhukam Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto memastikan 61 tokoh Papua dan Papua Barat yang bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa hari lalu, betul-betul mewakili masyarakat setempat.

“Tokoh-tokoh ini, 61 tokoh, sudah disaring betul bahwa mereka betul-betul tokoh masyarakat, tokoh adat,” ucapnya, saat konferensi pers terkait Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Pernyataan itu, sekaligus menjawab Gubernur Papua Lukas Enembe yang menyebut 61 tokoh itu tidak mewakili masyarakat Papua dan membawa kepentingan pribadi.

Wiranto membantah pernyataan Enembe, seraya menegaskan sebanyak 61 tokoh itu semata-mata menyampaikan aspirasi dari masyarakat adat di Papua dan Papua barat kepada Jokowi.

“Saya juga hadir di sana, dan saya juga yakin tidak ada satu kalimat pun yang mengisyaratkan kalau mereka minta jabatan, minta uang. Tidak ada,” ujarnya.

Baca juga :  Rakornas PA 212 Dukung Prabowo Capres, Gerindra Semakin Optimis Menang di Pilpres 2019

Kedatangan para tokoh Papua itu untuk menyampaikan aspirasi masyarakat agar mendapatkan perhatian dan kenyataannya memang sudah langsung mendapatkan perhatian dari Presiden.

Sebelumnya, Jokowi menerima sekitar 61 tokoh Papua di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Jokowi didampingi Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BIN Budi Gunawan saat bertemu dengan para tokoh Papua itu.

Gunawan mengatakan 61 tokoh yang hadir ini merupakan representasi dan mewakili komponen tokoh dari adat, gereja, organisasi, akademisi mahasiswa, wanita dan pemuda.

jpn

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!