Nasional

Mentan SYL Nilai ‘Panik Buying’ Buat Harga Gula dan Bawang Mahal

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut harga sejumlah komoditas pangan, mulai dari gula pasir hingga bawang bombai yang tinggi dipengaruhi oleh kondisi panic buying konsumen.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Jumat ini sudah mencapai Rp16.650 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp12.500 per kg.

“Terjadi panic buying dengan masalah yang ada. Dari data kita, sebenarnya ketersediannya ada sampai Mei, sampai Lebaran dan sementara saya perkuat,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat ditemui di Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, pemerintah menjamin ketersediaan pasokan pangan utama dan strategis bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Pangan utama dan strategis yang dimaksud adalah beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Dalam rentang waktu enam bulan ke depan (Maret-Agustus 2020), termasuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H, proyeksi ketersediaan 11 komoditas strategis dipastikan aman.

Sebagian besar pemenuhan pangan tersebut dipasok dari produksi dalam negeri, hanya komoditas bawang putih, daging sapi/kerbau, dan gula pasir yang pemenuhannya sebagian masih melalui impor.

Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian mencatat telah menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk komoditas bawang putih sebanyak 196,5 ribu ton; di mana sebanyak 34,8 ribu ton sudah terbit izin impornya dari Kementerian Perdagangan.

Sementara itu, untuk komoditas gula pasir, Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) untuk komoditas gula kristal mentah (GKM) sebanyak 438.802 ton sebagai bahan baku gula kristal putih (GKP) yang dikonsumsi masyarakat.

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut masih ada stok sekitar 160.000 ton gula pasir di tingkat distributor. Kemendag pun menyatakan segera melakukan operasi pasar demi menahan laju kenaikan harga gula.

Untuk komoditas bawang bombai yang saat ini harganya menyentuh Rp200.000–Rp250.000 per kilogram, Kementerian Perdagangan telah menerbitakan Surat Persetujuan Impor (SPI) sebanyak 2.000 ton dari Selandia Baru.

Untuk komoditas daging sapi/kerbau, pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk impor daging kerbau sebanyak 25.000 ton guna memenuhi kebutuhan  menjelang bulan puasa-Lebaran 2020.

ant

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com