Nasional

Muhadjir Effendy Minta Kemenag Buka Pondok Pesantren

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Agama segera menyiapkan surat edaran dan panduan umum pembukaan lembaga pendidikan agama khususnya pondok pesantren di era new normal pandemi virus corona (Covid-19).

Muhadjir mengatakan, Menteri Agama Fachrul Razi tentu harus berkoordinasi terlebih dulu dengan pemangku kepentingan terkait sebelum mengeluarkan surat edaran dan panduan.

“Nantinya (panduan yang diedarkan) akan didetailkan oleh masing-masing lembaga pendidikan keagamaan dan bentuk panduan detail,” tutur Muhadjir melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (12/6/2020).

Meski begitu, Munadjir menambahkan, hingga kini memang belum ada keputusan pasti kapan pondok pesantren kembali dibuka. Yang jelas pemerintah saat ini tengah menyusun afirmasi atau penguatan di berbagai sektor yang ada di lembaga pendidikan agama khususnya di pondok pesantren.

Baca juga :  Muhadjir minta Guru tak Ikut Polemik Sekolah Lima Hari

Lebih lanjut, selain mengeluarkan surat edaran, Muhadjir juga meminta agar Kemenag melakukan sosialisasi terkait pembukaan pondok pesantren. Dia meminta sosialisasi itu dilakukan dengan detail agar tak ada salah persepsi di masyarakat.

Advertisement

“Kemenag akan mensosialisasikan lebih detail mengenai mekanisme pengelompokan yang didasarkan pada status pelaksanaan kegiatan ajar mengajar untuk menjadi acuan dalam proses pembukaan lembaga pendidikan keagamaan,” ucap Muhadjir.

Di lain pihak, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah telah merestui pondok pesantren dan satuan pendidikan berbasis asrama di zona kuning dan hijau penyebaran virus corona (Covid-19) kembali menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

“Untuk pendidikan yang berasrama, pesantren itu disepakati daerah kuning dan hijau (penyebaran virus corona),” ujar Ma’ruf dalam rapat koordinasi KPAI soal kesiapan Pesantren dan Satuan Pendidikan Berbasis Asrama dalam Penerapan New Normal secara daring, Kamis (11/6/2020) lalu.

Ma’ruf mengatakan secara bertahap kegiatan belajar pesantren yang berada di wilayah zona oranye atau merah juga bisa kembali dibuka apabila mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com