Nasional

MUI Diminta Kawal Vaksin Covid-19

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta Presiden Joko Widodo turut membantu mengawal proses pengadaan vaksin covid-19 yang bakal dilakukan Indonesia.

Permintaan ini diutarakan Jokowi saat memberikan sambutan di Musyawarah Nasional X MUI Tahun 2020.

“Saya juga memohon kepada MUI untuk membantu mengawal program vaksinasi yang segera kita lakukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi pandemi,” kata Jokowi dalam akun Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu (25/11/2020).

Jokowi menuturkan, bantuan ini guna mempercepat pemulihan masyarakat yang berujung pulihnya ekonomi Indonesia. Mantan wali kota Solo itu menegaskan bahwa pihaknya selama ini terus berupaya mengerahkan sumber daya mengatasi dampak covid-19.

“Kami berusaha menyeimbangkan penanganan kesehatan dan penanganan ekonomi, membuat masyarakat aman dari covid tapi tetap produktif dan mampu bertahan hidup,” jelas dia.

Baca juga :  Sejarah Gempa dan Tsunami Majene Sejak 1969

Di tengah sambutannya, Jokowi juga memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada MUI yang turut mencegah penularan covid-19. Beberapa bentuknya dengan menyusun sejumlah fatwa untuk memastikan umat beribadah.

Advertisement

“Fatwa yang sangat kontekstual senafas dengan prinsip kemaslahatan. MUI juga konsisten menyuarakan untuk mematuhi protokol kesehatan,” ucap Jokowi.

Terakhir Jokowi juga mengapresiasi MUI karena mengutamakan keselamatan jiwa di tengah ancaman pandemi di setiap fatwanya. Ia berharap keterlibatan MUI juga turut meringankan beban pemerintah.

“Tokoh agama dan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Insya Allah tugas berat pemerintah semakin ringan,” ujar dia.

Dalam agenda munas, MUI juga berencana membahas soal fatwa terkait kehalalan vaksin corona hingga fatwa penggunaan masker saat berihram haji.

MUI sebelumnya juga sempat mengeluarkan sejumlah fatwa tentang protokol kesehatan salah satunya dalam menjalankan ibadah salat Jumat.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com