Nasional

PB HMI MPO Minta Bareskrim Polri Pertegas Sanksi yang Dikenakan Tersangka Ambroncius Nababan

Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO), Afandi Ismail
Spread the love

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) Afandi Ismail meminta kepada pihak Bareskrim Polri mempertegas sanksi yang dikenakan oleh tersangka kasus rasisme, Ambroncius Nababan.

Pihak kepolisian belum menentukan akan dilakukan penahanan atau tidak.

“PB HMI akan terus melakukan pengawalan terhadap kasus ini dan memastikan ditegakkannya hukum yang seadil-adilnya dengan pemberian saksi pidana yang tegas kepada Ambroncius Nababan sehingga dapat menjadi pelajaran bersama bahwa rasisme tidak dibenarkan hidup di NKRI yang sangat kita Cintai,” katanya kepada wartawan Edunews.id, Rabu (27/01/2021).

Atas perbuatanya, Ambroncius disangkakan Pasal 45a ayat 2 junto Pasal 28 ayat 2 UU 19 2016 perubahan UU ITE dan juga Pasal 16 junto pasal 4 huruf b ayat 2 UU 40 2008 tentang penghapusan diskriminasi, ras dan etnis dan Pasal 156 KUHP.

Walaupun ia menganggap sangksi yang dikenakan oleh Ambroncius Nababan masih belum jelas, namun ia mengapresiasi kinerja Kepolisian Indonesia (Polri) yang bertindak dengan cepat.

“PB HMI sangat mengapresiasi kerja cepat yang ditunjukkan oleh Bareskrim Polri dengan menetapkan Ambroncius Nababan sebagai tersangka dalam kasus Rasisme terhadap Natalius Pigai,” ucapnya.

“Proses penegakan hukum oleh Polri tidak boleh tebang pilih. Tidak boleh tajam ke bawah namun tumpul ke atas, termasuk kepada Ambroncius Nababan yang tercatat sebagai pendukung Jokowi-Amin,” tambahnya.

Ia menegaskan, postingan yang diunggah oleh Ambroncius Nababan merupakan penghinaan kepada rakyat Indonesia, khususnya warga papua.

“Dari postingan Ambroncius Nababan sudah jelas adalah dia melakukan penghinaan dan tentunya sangat menyakiti hati rakyat. NKRI tidak dibenarkan siapapun melakukan tindakan yang berbau Rasis dan mendiskreditkan orang lain,” jelasnya.

(tas)

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com