Nasional

PDIP Desak Rocky Gerung Lepaskan Kewarganegaraan Indonesia

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai pernyataan yang disampaikan intelektual Rocky Gerung  menghina salah satu tokoh nasional KH Agus Salim.

Menurutnya pernyataan tersebut dinilai tidak pantas oleh anak bangsa, oleh karena itu PDI Perjuangan mendesak Rocky mencabut status kewarganegaraannya sebagai warga negara Indonesia.

“Atas hinaan yang ditujukan kepada KH Agus Salim tersebut, PDI Perjuangan mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya,” kata Hasto dalam keterangan tertulis yang diterimaRepublika.co.id Kamis (7/3/2019).

Hasto menyebut pernyataan itu lebih pantas disampaikan orang yang jiwanya tidak sehat. Rocky juga dinilai tidak paham sejarah perjuangan KH Agus Salim yang dihormati dengan kemampuan diplomasinya.

Baca juga :  Walhi Tuntut Pemerintah Buka Nama Perusahaan Perusak Hutan

“Berkat jasa KH Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah,” ujarnya.

PDI Perjuangan juga berencana akan mengadukan secara langsung pernyataan tersebut ke aparat kepolisian.

“Mereka yang menghina pahlawan nasional bangsanya, sama saja tidak punya patriotisme dan hanya menjadi benalu pemecah belah bangsa,” ujarnya.

Sebelumnya, Rocky Gerung membantah tudingan bahwa dirinya meledek Haji Agus Salim. Disebut-sebut menista, dia justru sedang menceritakan kisah yang sudah santer di banyak buku, yakni tentang betapa cerdasnya menteri luar negeri RI pada zaman revolusi itu dalam menjawab ledekan orang-orang.

Mantan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia itu lebih lanjut meminta agar video yang viral ditonton secara utuh, tidak separuh-separuh.

Baca juga :  Soal Isu Radikalisme, Abraham Samad: Itu Isu yang Sengaja Dikembangkan Orang yang Takut

rpl

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!