Nasional

Pekembangan IT harus Diimbangin dengan Diklat Modern

Wakil Presiden Jusuf Kalla

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla usai meresmikan pendidikan vokasi industri di Surabaya mengungkapkan, meningkatnya perkembangan ilmu dan teknologi (IT) harus diimbangi dengan pola pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang modern.

Agar lulusan diklat mampu bersaing. Untuk itu, harus ada kerjasama antara swasta dan pemerintah. Pasalnya, tanpa kerjasama tersebut SDM akan kesulitan terserap oleh dunia industri.

“Pemerintah tugasnya kan hanya menyiapkan ketersediaan SDM terampil, sementara industri tugasnya hanya finishing. Jadi diklat jangan pake alat ajar seperti radio analog atau radio tua, tapi harus disesuaikan dengan kemajuan IT. Agar tidak menyulitkan lulusan Diklat untuk mencari kerja,” katanya.

Keuntungan dari sektor industri, menurutnya dapat ditunjukkan dengan tingginya pendapatan. Hal itu, berbanding terbalik dengan sektor pertanian.

Baca juga :  'Tidak Mungkin JK Dorong Anies Jadi Pendamping Jokowi'

Untuk mendukung kemajuan sektor industri, menurut JK dibutuhkan teknologi, modal dan skill atau Sumber Daya Manusia(SDM). Tentu saja, format yang dibutuhkan untuk peningkatan skill SDM adalah pelatihan secara intensif.

EDUNEWS.ID

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!