Nasional

Pemprov Banten Tawarkan Diri untuk Ibu Kota Negara

MONUMEN NASIONAL (MONAS) DI DKI JAKARTA YANG SELAMA INI DIKENAL SEBAGAI IBU KOTA NEGARA INDONESIA

 

 

SERANG, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Banten menawarkan lokasi rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang digulirkan pemerintah pusat dipindahkan ke provinsi termuda di Pulau Jawa ini.

Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah usai menghadiri kunjungan kerja Komisi II DPR RI di pendopo gubernur Banten di Serang, Senin (31/7/2017), mengatakan pihaknya bersama dengan pemprov akan mendorong ke pemerintah pusat, agar Banten dijadikan lokasi untuk pemindahan ibu kota negara dari Jakarta.

“Saya pikir Banten sangat layak untuk bisa jadi Ibu kota Negara menggantikan Jakarta. Selain lokasinya dekat dengan Jakarta, sehingga lebih efisien, infrastruktur pendukung juga sudah siap,” kata Asep.

Menurut dia, daerah yang dianggap cocok sebagai daerah yang dijadikan sebagai daerah Ibukota Negara merupakan wilayah kerja pembangunan (WKP) III yakni Lebak dan Pandeglang. Alasannya daerah Lebak merupakan daerah yang sedang dibangun oleh pemerintah dan juga kawasan yang masih kosong sangat luas.

Baca juga :  Arief Poyuono Sarankan Menteri BUMN Erick Tidak Tebar Pesona

“Di Lebak kan ada daerah kota baru Maja yang sudah dibangun. Saya pikir ini kan bagus untuk mendukung daerah Lebak secara ekonomi bisa maju. Apalagi Banten juga kan punya infrastruktur yang bisa mendukung keberlangsungan ibu kota negara nanti,” kata Asep.

Proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Banten lanjut politisi PDIP ini, relatif mudah, efisien dan gampang.

“Dari sisi personel pegawai di kementerian-kementerian saya rasa kebanyakan tinggal di daerah Tangerang. Jadi tidak terlalu jauh ke Lebak. Disamping itu untuk kantor-kantor kementerian bisa dilakukan proses pindahnya bertahap, seperti Kementerian Perhubungan kita punya Bandara Internasional Soetta dan Kementerian Kelautan kita punya garis panjang 517 KM,” katanya.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com