Nasional

Pemprov DKI Deteksi Penyebaran Virus Corona di Pusat Perbelanjaan Mal

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengidentifikasi klaster penyebaran Covid-19 di pusat perbelanjaan atau mal, menyusul tersiarnya kabar adanya kasus Covid-19 terkonfirmasi di salah satu mal terbesar di Jakarta.

“Itu terus kami identifikasi (klaster penyebaran Covid-19),” ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau Ariza, seusai menghadiri rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (27/7/2020).

Ariza mengatakan, pemerintah bisa melakukan penutupan mal yang terindentifikasi menjadi klaster penularan Covid-19 dengan beberapa kemungkinan kebijakan. Diantaranya, penutupan satu blok, satu lantai, atau bahkan satu mal.

“Ya sudah ada ketentuannya, berapa jumlahnya (kasus Covid-19), dimana, apakah di satu lantai, yang ditutup satu blok atau satu mal, sudah ada peraturannya nanti Satpol PP yang akan mengatur dengan pengelola Mal dan asosiasi,” ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Baca juga :  KemenkopUKM Perjuangkan LPS Koperasi Masuk RUU Cipta Kerja

Ariza mengungkapkan, Pemprov DKI terus melakukan pengujian agar semakin banyak klaster yang teridentifikasi. Semakin meningkatnya pengujian, katanya, akan semakin banyak ditemukan adanya penyebaran virus corona sehingga akan lebih mudah untuk melakukan isolasi sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Ariza menambahkan, mal sebenarnya merupakan tempat yang cukup kondusif karena menerapkan protokol kesehatan yang baik. Dia mengapresiasi asosiasi dan pengelola mal yang melakukan ragam cara untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menyiapkan QR code untuk pembatasan pengunjung dan penyemprotan disinfektan secara rutin di setiap toko.

Klaster penyebaran Covid-19 di mal mencuat setelah adanya pengumuman yang terpasang di butik Christian Dior, Plaza Senayan yang menyatakan bahwa terdapat satu kasus Covid-19 di butik tersebut pada Sabtu (25/7/2020), dan butik diinformasikan tutup hingga Selasa (28/7/2020).

Baca juga :  Presiden Minta Kades Hati-Hati Gunakan Dana Desa

rpl

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com