Nasional

Pendaftar Kartu Prakerja Tembus 4,7 Juta

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pendaftaran Gelombang 8 Kartu Prakerja resmi ditutup pada Senin siang (14/9/2020). Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan lebih dari 4,7 juta calon peserta mendaftar gelombang 8.

“Tercatat sampai penutupan tadi ada 4,7 juta lebih pendaftar,” katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Jumlah tersebut, lanjut Louisa, cukup membludak mengingat kuota yang tersedia pada gelombang ini hanya 800 ribu.

Sementara secara keseluruhan Pemerintah menargetkan akan ada 5,6 juta penerima manfaat kartu Prakerja khususnya bagi mereka yang tidak terkena PHK akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui program Kartu Prakerja gelombang 8 resmi dibuka Kamis pekan lalu (10/9/2020). Sama dengan gelombang sebelumnya, ada 800 ribu pekerja yang akan menerima pelatihan dan stimulus tunai Rp600 ribu jika lolos sebagai peserta.

Baca juga :  Franky Ruben : IYU Wadah Pemuda untuk mendorong transformasi Digital Indonesia

Louisa menyebut dalam setiap gelombang pendaftaran, selalu saja pendaftar jauh melebihi kuota yang disediakan. Dia mencontohkan gelombang sebelumnya yang diikuti oleh lebih dari 2,8 juta orang, timpang dengan kuota yang disediakan yakni 800 ribu.

Advertisement

Lebih lanjut, Louisa menyebutkan bahwa proses seleksi dilakukan secara otomatis oleh sistem, sehingga PMO tak secara manual menentukan siapa saja yang akan dipilih.

Namun, secara prinsip ada beberapa variabel yang menjadi acuan seleksi. Salah satunya, pendaftar tergolong sebagai masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.

Ia menyadari banyaknya pendaftar kecewa yang belum kunjung terseleksi meski sudah mendaftarkan diri sejak awal program diluncurkan. Meski tak merinci apa saja kesalahan umum yang dilakukan pendaftar, namun kuncinya yaitu ketelitian saat mendaftar. Pastikan input data diri tepat.

Oleh karena itu, Kartu Prakerja mulai menyediakan sistem pengaduan untuk mengevaluasi penyebab mereka yang telah mencoba lebih dari tiga kali tak kunjung terpilih. Namun, ia tak memastikan jika aplikasi pengaduan akan diprioritaskan dari pendaftar baru.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com