Nasional

Peringati Hari Pahlawan, Kemensos ajak 600 Siswa Berziarah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sebanyak 600 siswa dari 30 SD dan SMP di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengikuti ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Sebagai bagian rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November, acara ziarah wisata ini dipimpin Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono Laras.

“Kegiatan ziarah wisata sebagai upaya untuk mengenalkan dan menanamkan nilai kepahlawanan, kejuangan dan nasionalisme kepada generasi muda sejak mulai SD dan SMP,” ujar Hartono Laras, kemarin (14/11/2016).

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan tabur bunga dan dilanjutkan dengan pengenalan nilai kepahlawanan di Gedung Konvensi. Acara yang menghadirkan presenter kondang Tukul Arwana tersebut mengambil topik ‘Patriot Anak Bangsa’.

Baca juga :  Hari Pertama Sekolah, Satu Kelas Isinya Hanya Tiga Siswa Baru

Menurut Hartono, peringatan Hari Pahlawan ini dinilai sangat tepat untuk mengenalkan langsung kepada para siswa sekolah mengenal para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, seluruh siswa peserta ziarah wisata diajak melihat makam para pejuang. Kemudian, mereka diajak untuk mengheningkan cipta sekaligus mendoakan agar arwah para pahlawan tersebut mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Selama ini para siswa hanya mengetahui sejarah Indonesia dari buku pelajaran. Dengan cara ini mereka dikenalkan dengan bukti sejarah yaitu makam para pejuang yang gugur saat berperang melawan penjajah dahulu,” imbuhnya.

Hartono menerangkan, sebelumnya untuk siswa SMA juga telah dilakukan wisata sejarah dan Olimpiade Pahlawan yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia.

“Semoga kita dapat meneladani apa yang telah dicontohkan para pahlawan yang tulus dan ikhlas berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara serta merawat ke-Indonesiaan dalam semangat persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com