Nasional

Pertama di Dunia, Kemendikbud Gelar Kemah Virtual

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penguatan Karakter menyelenggarakan kemah virtual pertama di dunia yakni Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia yang diselenggarakan secara virtual pada 6 hingga 9 Juli.

“Mungkin ini kemah virtual pertama di dunia. Terobosan, kita ingin melalui kemah ini menjalin hubungan erat antara siswa dan anggota keluarga,” kata Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud, Hendarman, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan tugas-tugas atau proyek dalam kemah virtual tersebut dikaitkan dengan keluarga, karena keluarga sangat penting apalagi pada masa pandemi COVID-19.

Kemah virtual tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional. Puncak kegiatan tersebut pada 24 Juli, yang mana Kemendikbud akan mengumumkan pemenang dari kegiatan tersebut.

Hendarman menjelaskan Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia tersebut merupakan kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK.

Tujuan dari kegiatan tersebut yakni menumbuhkan kecintaan akan Pancasila pada generasi muda, memberikan pemahaman tentang pentingnya Pancasila dalam kebhinekaan global, mengajak generasi muda untuk mengamalkan Pancasila pada kehidupan sehari-hari, dan menjalin hubungan yang semakin erat antara para siswa dengan orang tua dan anggota keluarga dalam praktik baik sehari-hari.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim, mengatakan kegiatan itu amat menarik dan diperlukan siswa agar aktif dalam mengembangkan diri dengan suasana yang menyenangkan.

“Agar nantinya menjadi generasi yang lebih baik dan membawa Indonesia ke masa emasnya,” ujar Ainun.

Dia menjelaskan tujuan dari kegiatan itu adalah agar siswa dapat menjadi pelajar Pancasila, yang berke-Tuhanan dan berakhlak mulia, dengan kebhinnekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Sejumlah pengisi acara dalam kegiatan tersebut pada pembukaan yakni siswa berbakat dan berprestasi bersama bunda Anggrainy Damanik, Ketua III Pengurus Pusat IDAI Hartono Gunardi, dan Pendiri Yayasan Sejiwa Diena Haryana.

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan kemah virtual tersebut sebanyak 2.892 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Tanah Air.

ant

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com