Nasional

Pilih Tinggal Di Rumah Warga, Menag Apresiasi Pramuka PTKI

LUBUK LINGGAU, EDUNEWS.ID – Pramuka UIN Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan Kewarcab Lubuklinggau menggelar Karya Bhakti Pramuka atau KARTIKA ke-21. Perkemahan pramuka ini merupakan agenda reguler yang diikuti pramuka penegak dan pandega Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Jawa dan Sumatera.

“Secara khusus, saya mengapresiasi KARTIKA tahun ini yang menggunakan metode akan tinggal di rumah-rumah penduduk. Tentu ini sangat baik, tidak hanya tinggal, mereka juga akan melakukan program kontributif bagi masyarakat sekitar,” pekik Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat membuka KARTIKA di Lubuklinggau, Jum’at (14/4/2017).

Sejumlah kegiatan sudah disiapkan para Pramuka PTKI. Selain program mengaji dan pengukuran arah kiblat rumah ibadah, para penegak dan pandega juga akan melakukan edukasi pengurusan jenazah.

Baca juga :  Kwarcab Pramuka Kota Bogor Nyatakan 'Perang' Terhadap Vandalisme
Advertisement

“Bahkan, KARTIKA ini kali juga akan dilakukan bedah rumah. Ini sekaligus menegaskan keberadaan Pramuka PTKI sebagai tunas-tunas bangsa yang siap bersinergi mengelola negeri,” tambahnya.

Di hadapan ratusan Praja Muda Karana, Menag mengingatkan bahwa menjadi kewajiban bersama untuk menjaga tradisi yang baik, termasuk menanamkan nilai- nilai kemanusiaan dan cinta tanah air.

“Pramuka di mana pun berada, senantiasa menumbuhkan rasa cinta kepada bumi pertiwi,” tuturnya.

Menag berharap, KARTIKA bisa menjadi momentum mahasiswa PTKI untuk belajar kehidupan dari masyarakat. Apapun yang ditemui sebagai sesuatu yang baik dan positif agar bisa dikembangkan.

“Kalau pun ada yang negatif tariklah sesuatu, agar kita semakin arif dalam kehidupan ini,” ujarnya.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com