Nasional

Proses Pemindahan Ibu Kota Negera Dimulai

SUASANA MALAM KOTA PALANGKA RAYA

PALANGKA RAYA, EDUNEWS.ID – Pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bukan lagi sekadar wacana. Saat ini, pemerintah pusat sudah mulai menggarapnya.

Bahkan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan sejumlah kementerian dan lembaga terkait lainnya, untuk mematangkan rencana pemindahan ibu kota tersebut.

“Pak Presiden sangat serius soal ini, dan sudah menugaskan beberapa kementerian dan lembaga terkait, termasuk Bappenaas, untuk melakukan persiapan terkait rencana itu. Dan kita juga sudah membuat time table (jadwal kerjanya),” kata Bambang di sela meninjau terminal penumpang baru Bandara Tjilik Riwut, Kamis (6/4/2017).

Baca juga :  Pengamat Tata Kota: Saya Meragukan Kehadiran Ibu Kota Baru

Bappenas/PPN sendiri, jelas Bambang, ditugaskan untuk melakukan kajian-kajian dan strategi pemindahan ibu kota, sehingga bisa berjalan lancar dan efektif. Terutama menyangkut pembiayaan yang diperkirakan akan cukup besar.

“Jadi kita tengah melakukan kajian dan menyusun strateginya, agar pemindahan ibu kota ini nantinya tidak terlalu memberatkan APBN. Jadi kita persiapkan skema-skema pembiayaannya, agar ibu kota baru itu nantinya bisa mandiri tanpa harus mengganggu APBN dan program prioritas lainnya,” papar Bambang.

Advertisement

Diakuinya, proses pemindahan ibu kota tidak bisa dilaksanakan hanya dalam waktu satu atau dua tahun. Menurutnya, diperkirakan proses tersebut memerlukan waktu cukup lama.

“Untuk perkiraan waktu prosesnya, menengah atau panjang. Tapi proses untuk itu saat ini sudah berjalan,” ujar dia.

Lebih lanjut dijelaskannya, alasan utama dipilihnya Palangka Raya sebagai lokasi prioritas calon ibu kota negara yang baru, tidak terlepas dari pertimbangan sejarah.

Presiden pertama RI Soekarno saat mengesahkan Palangka Raya, sudah mendesain Kota Cantik ini sebagai ibu kota RI selanjutnya.

“Latar belakang sejarah kan kita semua sudah tahu, bahwa Presiden Soekarno memang bercita-cita suatu saat nanti akan memindahkannya dari Jakarta ke Palangka Raya ini,” kata Bambang.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com