Nasional

Ratschap Ub Ohoi Fakk akan Ramaikan Festival Meti Kei 2017

 

 

 

TUAL, EDUNEWS.ID – Sepanjang bulan Oktober jazirah Kepulauan Evav (Kei) akan mengalami air laut surut yang sangat panjang mencapai puluhan kilo meter. Air laut surut panjang itu disebut juga dengan Met Evav atau Meti Kei.

Oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Pemerintah Kota Tual akan menggelar Festival Pesona Meti Kei tahun 2017 untuk melestarikan dan membudayaakn kebudayaan maritime orang Evav/Kei selama meti Evav/Kei tersebut.

Ratusan adat istiadat orang Evav akan dipentaskan guna menyemarakan Festifal Meti Kei 2017, beberapa event besar budaya akan digelar antara lain, lomba belan cepat antara Ratschap, tarik tali tangkap ikan, tari panah ribuan anak sekolah, tarian adat Ratschap, debus Tayando dan sebagainya.

Baca juga :  BPJS Kesehatan Punya Utang ke Muhammadiyah Rp1,2 Triliun

Salah satu event yang akan menyita perhatian masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual adalah lomba belan cepat dan hias antara ratschap atau kerajaan se-Kepulauan Evav (Kei).

Terdapat 23 Ratschap atau Kerajaan di Kepulauan Evav/Kei. Setiap Ratschap akan menurunkun dua belan yakni belan hias atau belan adat ratschap dan belan perang ada kecepatan.

Belan adalah perahu panjang yang di dayung oleh 33 orang pendayung. Pada masa peperangan baik perang antara Ratschap di Maluku ataupun perang rakyat Maluku terhadap kolonial baik Belanda, Inggris, Spanyol dan Portugis, Belan adalah kendaraan tempur (perang) sangat ditakuti colonial.

Kini setelah kemerdekaan menghidupkan tradisi belan antara Ratschap kembali dihidupkan lewat Festival Pesona Meti Kei. Ratschap Ub Ohoi Faak salah satu Ratschap di Kepulaun Evav akan turun ambil bagian dalam Festival Pesona Meti Kei.

Baca juga :  Ketua KPU Kabupaten Gresik Positif Covid-19

Lewat rapat adat yang diinisiasi oleh Empat Ub atau Kekuasaan dilingkup Ratschap Ub Ohoi Faak yakni Orangkay (Kepala Ohoi/Desa) Elralang (ohani Rahawarin), Orangkay Wer (A Yani Rahawarin), Orangkay Maa Faa (Muhammad Haris Rado dan Orangkay Uwat (Hasan Namsa) pada hari Minggu, 17 September 2017 di Ohoi/Desa Maar Faa diputuskan Panitia Belan Ratschap Ub Ohoi Faak, Ketua Orangkay Wer (A Yani Rahawarin), Wakil Ketua Orangkay Uwat (Hasan Namsa), Sekretaris Orangkay Maa Faa (Muhammad Haris Rado dan Bendahara Orangkay Elralang (Ny Mohani Rahawarin).

Selain mengikuti lomba Belan hias dan Belan cepat lewat panitia Ratschap Ub Ohoi Faak juga akan mengikutkan empat tarian adat di lingkup Ratschap Ub Ohoi Faak yang mewakili empat Ub atau kekuasaan yakni tari Rubay Dab dari Ohoi/Desa Elralang-Hoarngutru, tari Sango Bail dari Ohoi Uwat, tari Kaat dari Ohoi Maar Faa dan tari Let Wer dari Ohoi Wer.

Baca juga :  Pilwalkot Makassar, Alumni Universitas Bosowa Bentuk Tim Dukung Petahana

Festival Pesona Meti Kei tahun 2017 ini diperkirakan akan menjadi even nasional yang sangat populer pasalnya pada puncak lomba Belan antara 23 Ratschap di Kepulaun Evav/Kei nantinya tanggal 23 Oktober 2017 akan dihadiri oleh Presiden Jokowidodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com