Nasional

Rekor, Polisi Halau 4.304 Kendaraan dalam Semalam

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Polda Metro Jaya menyebut ada 4.304 kendaraan yang dihalau pada Rabu (20/5/2020) malam. Jumlah ini jadi yang terbanyak selama masa pelarangan mudik atau pulang kampung.

“Tadi malam rekor, 4.304 kendaraan diputarbalikkan dalam satu malam,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Ia menjelaskan jumlah tersebut merupakan akumulasi dari dua titik pemutarbalikkan yang dilakukan oleh polisi. Yakni, masing-masing 4.221 kendaraan di Tol Cikarang Barat, dan 83 kendaraan di Tol Cikupa.

Jumlah terbanyak kendaraan yang putar balik sebelumnya tercatat terjadi pada hari pertama larangan mudik, 24 April, yakni 1.873 kendaraan. Dalam dua hari pertama, jumlah itu masih terus berada di atas 1.000 kendaraan.

Baca juga :  Menkominfo Minta Jangan Sebar Video Penembakan di Masjid New Zealand
Advertisement

Sempat melandai di hari berikutnya, jumlah kendaraan yang dihalau meningkat di hari keenam menjadi 1.097 kendaraan.

Selanjutnya, jumlahnya bahkan terus melandai hingga sepekan terakhir, dengan rata-rata kendaraan yang diputarbalikkan 300-500 dari sebelumnya sekitar 800 kendaraan.

Sementara itu, hingga hari ke-27 larangan mudik sejak berlaku pada 24 April, total kendaraan yang sudah diputarbalikkan karena hendak meninggalkan Jabodetabek sebanyak 21.579 kendaraan.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah titik pemutarbalikkan yang disiagakan di tol Cikarang Barat, Cikupa/Bitung, dan sejumlah titik jalan arteri.

Diketahui, pemerintah melarang mudik tapi membolehkan angkutan umum beroperasi jelang hari raya. Warga yang mau bepergian disyaratkan membawa surat keterangan bebas Covid-19, surat dinas, ataupun surat keterangan darurat seperti kerabat yang meninggal. Bagi yang tak membawanya ditolak keluar Jabodetabek.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com