Nasional

Ribuan Orang Padati Konser Musik Percobaan di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Spanyol rupanya tengah melakukan percobaan agar industri pertunjukan musik dapat kembali menggeliat. Pada Sabtu (27/3/2021), ada 5.000 orang yang hadir dalam sebuah konser percobaan di Barcelona.

Dikutip dari NME, Senin (29/3/2021), konser tersebut menampilkan band rock asal Spanyol, Love of Lesbian dan diadakan di area Palau Sant Jordi.

Konser itu disebut-sebut sebagai pertunjukan musik terbesar di Eropa sejak pandemi virus COVID-19 berlangsung sejak tahun lalu.

Menurut pemberitaan, semua orang yang hadir dalam konser tersebut datang dengan izin dari pemegang otoritas kesehatan di Spanyol. Sebelum datang ke area konser, mereka pun melakukan pengecekan dan tes COVID-19 terlebih dahulu di tiga titik di Barcelona.

Dari pengecekan itu, dilaporkan ada 2.400 orang hasilnya positif dan tidak diizinkan untuk datang ke konser tersebut.

Pengecekan sebelum masuk konser dilakukan dengan metode tes antigen yang hasilnya keluar dalam jangka waktu 10 hingga 15 menit melalui aplikasi di ponsel mereka.

Harga tiket dari konser tersebut dibanderol seharga USD 23 atau setara dengan sekitar Rp 331 Ribu. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya tes dan masker.

Pertunjukan percobaan di Barcelona adalah salah satu dari beberapa acara uji coba yang telah berlangsung selama enam bulan terakhir. Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, konser musik menjadi salah satu kegiatan yang tidak mungkin diadakan secara normal.

Penyelenggara pun mencoba melihat kemungkinan mengadakan acara musik langsung dengan beberapa kali uji coba.

Sebelumnya, pada Desember 2020, Barcelona juga mengadakan uji coba dengan menyelenggarakan Primevera Siund. Ada 1.000 orang yang hadir dalam tempat berkapasitas 1.600 orang.

Ketika dilakukan pemeriksaan ulang di Januari 2020, tidak ditemukan infeksi COVID-19 yang berasal dari acara tersebut.

dtk

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com