Nasional

Rokok Asap Vape Bagi Kesehatan, Ini Kata Ahli

EDUNEWS.ID – Belakangan ini, sejumlah dampak dari vape telah banyak diteliti dan dipublikaskan. Dampak buruk dari rokok elektrik ini ternyata tak berbeda jauh dengan rokok konvensional.

Pada perokok pasif yang terkena asap dari vape ini, apa yang bakal terjadi? Apakah dampak yang dapat terjadi sama berbahayanya dengan asap rokok konvensional?

Menurut ahli toksikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Sho’im Hidayat, HPHC (Harmful and Potentially Harmful Constituents)–kandungan yang dapat berpotensi bahaya–yang dimiliki uap rokok elektrik jauh lebih rendah ketimbang asap dari rokok konvensional.

“Dari penelitian-penelitian di luar negeri, kandungan HPHC rokok elektrik jauh lebih rendah. Bahkan sampai 90 persen lebih rendahnya,” tutur dr Sho’im.

Baca juga :  Masyarakat Antri Sembako, Jokowi Seharusnya Malu

“Yang keluar dari vape itu dalam bentuk uap, istilahnya non smoke aerosols. Ini berasal adanya pemanasan semua zat. Prosesnya, hanya menguap. Semacam uap seperti kita memasak air. Kan ada uap di atasnya ya.”

Belum Bisa Dipastikan

Dokter spesialis penyakit dalam, Kadek Dian Lestari juga menyampaikan, risiko perokok pasif yang menghirup uap vape akan lebih rendah jika dibandingkan dengan asap rokok.

“Yang elektronik itu kan dipanaskan. Bisa dikatakan tidak mengandung TAR–senyawa yang menimbulkan risiko kanker. Beda dengan asap rokok konvensional yang mengandung TAR. Jadi, risikonya lebih berkurang,” ucap Kadek.

Walaupun bisa dibilang paparan uap vape lebih rendah, Kadek tetap menekankan, sampai saat ini belum ada penelitian di Indonesia terhadap bahayanya vape. Perlu ada penelitian mendalam tentang vape.

Baca juga :  Kepala Daerah Cuci Uang di Kasino, Anak Buahnya Sudah jadi Tersangka

“Untuk perokok pasif, sebenarnya saya pun belum bisa memastikan lebih rendah atau tidak. Baru mengacu dari penelitian di luar negeri saja. Setelah ada penelitian vape, barulah bisa menjawab bahaya uap vape,” ujar Kadek.

mrd

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!