Nasional

Sejumlah Kepala Daerah di Jawa Timur Positif Virus Corona

ilustrasi

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Dua calon kepala daerah kabupaten/kota di Jawa Timur, dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19). Hal itu diungkapkan anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan.

“Laporan yang saya terima ada dua bakal calon yang dinyatakan positif,” kata Insan saat diwawancarai CNNIndonesia.com, melalui sambungan telepon, Selasa (8/9/2020).

Insan merinci, sebelumnya satu bakal calon kepala daerah, telah terkonfirmasi corona sejak melakukan tahapan pendaftaran di KPU, 4-6 September 2020.

Sedangkan satu bakal calon lainnya baru diketahui positif corona usai melakukan tes swab, saat tahapan pemeriksaan kesehatan 7 September 2020.

“Yang satu positif saat mendaftar, yang satu positif saat swab di rumah sakit,” kata Insan.

Baca juga :  Saut Situmorang Berikan Sepeda Bagi Pengungkap Kasus Novel Baswedan

Ia memastikan dua calon yang dinyatakan positif tersebut berasal dari dua daerah kota/kabupaten yang berbeda. Meski begitu, ia mengaku tak bisa mengungkapkan identitas bakal calon tersebut.

Advertisement

“Saya hanya menerima laporan saja, saya ndak punya kewenangan menyampaikan siapa dan dimananya, yang menyampaikan ya bersangkutan sendiri,” tuturnya.

Menurut Insan, jika ditemukan ada bakal calon yang positif corona, maka yang bersangkutan haruslah menjalani masa isolasi lebih dulu.

Segala tahapan pencalonan, seperti pemeriksaan kesehatan, penetapan calon, pengambilan nomor urut hingga masa kampanye, akan dijadwalkan ulang.

Hari ini, kata dia, bakal calon yang positif Covid-19 tersebut, mestinya tak bisa mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan penyalahgunaan narkoba, di rumah sakit.

“Yang positif datang atau nggak, mestinya ya tidak. Yang dinyatakan positif kan harus di-treatment dulu, diisolasi oleh rumah sakit,” ujarnya.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com