Nasional

Survei : 84,5 persen Warga Indonesia Siap Berkorban Pertahankan NKRI

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Isu kebinekaan dan Pancasila sedang laris dibicarakan. Sampai-sampai, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tertarik untuk membuat survei tentang sikap warga negara terhadap keutuhan NKRI dan Pancasila.

Hasilnya, memang ada yang ingin mengubah ideologi negara meski jumlahnya sangat kecil. Secara terperinci, hasil survei itu menyebutkan bahwa 99 persen masyarakat mengaku bangga menjadi warga negara Indonesia.

Bahkan, 62,5 persen di antara mereka mengaku sangat bangga. Kebanggaan tersebut berbanding lurus dengan loyalitas kepada negara. Itu ditunjukkan dengan angka 84,5 persen responden yang siap berkorban demi menjaga keutuhan NKRI.

“Ada kesediaan untuk mempertahankan negara. Hampir 9 dari 10 penduduk kita bersedia,” kata Saiful Mujadi di kantor SMRC, Jakarta, Minggu (4/6/2017).

Baca juga :  Ditolak di Jepara, UAS Dituding Bawa Simbol HTI
Advertisement

Meski demikian, tak berarti ancaman itu tidak ada. Sebab, ada juga masyarakat yang menghendaki perubahan dasar negara. Yakni, mengubah Pancasila dan UUD 1945 menjadi negara Islam.

“Sembilan persen itu artinya 20 jutaan, lebih banyak dari penduduk Singapura,” tuturnya.

Saiful mengatakan, munculnya keinginan sebagian orang untuk berubah haluan menjadi negara Islam disebabkan banyak hal. Di antaranya, akibat melihat kinerja pemerintahan yang tidak kunjung memuaskan. Akhirnya muncul ide untuk mencoba alternatif ideologi lain.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com