Nasional

Tamsil Linrung Ungkap Sosok Dubes RI Pencaci Maki Saudi

Anggota DPD RI, Tamsil Linrung.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota DPD RI, Tamsil Linrung, mengklarifikasi perihal wawancaranya yang menyinggung sosok Duta Besar (Dubes) RI yang kerap mencaci maki Arab Saudi. Tamsil memastikan Dubes RI untuk Arab Saudi yang dia maksud bukanlah Agus Maftuh Abegebriel.

Klarifikasi itu disampaikan Tamsil melalui sebuah video. Dalam videonya, Tamsil merasa perlu menjelaskan soal pernyataannya yang menilai pemerintah Indonesia kurang sensitif dalam menempatkan dubesnya di Arab Saudi.

“Di dalam wawancara tersebut, saya menyampaikan bahwa Indonesia kurang sensitif dalam menempatkan duta besarnya di Arab Saudi. Menempatkan seorang duta besar yang sering mencaci maki Indonesia dan sering mencaci Arab Saudi, bahkan menyebut Arab Saudi sebagai negara biadab. Itu tentu sesuatu yang sangat keliru,” kata Tamsil dalam video, Selasa (22/6/2021).

Tamsil Linrung mengakui dalam wawancara tersebut dia tidak menyebutkan identitas dubes dimaksud, sehingga muncul persepsi bahwa yang dimaksud Tamsil adalah Agus Maftuh. Padahal yang dimaksud adalah Zuhairi Misrawi.

“Namun, dalam kesempatan itu, saya tidak menyebutkan siapa yang saya maksud, sehingga ada persepsi seolah-olah duta besar yang saya maksud itu adalah Pak Agus Maftuh,” jelas Tamsil.

“Yang saya maksudkan bukan Pak Agus Maftuh, tapi adalah satu nama yang sebelumnya, beberapa bulan lalu, Presiden RI mengirim ke DPR nama tersebut untuk ditempatkan sebagai dubes di Arab Saudi, yakni namanya Zuhairi Misrawi,” tambahnya.

Dalam video klarifikasinya, Tamsil sempat menunjukkan foto Zuhairi. Anggota DPD yang mewakili masyarakat Sulawesi Selatan itu juga sempat menirukan pernyataan Zuhairi tentang Arab Saudi.

Berikut ini pernyataan lengkap Tamsil:

Saya Tamsil Linrung anggota DPD RI. Beberapa hari lalu saya diwawancara Hersubeno Arief. Dalam wawancara tersebut terasa ada sesuatu yang penjelasannya saya kurang tegas. Karena itu saya ingin kembali menegaskan di sini supaya tidak terjadi persepsi yang keliru.

Baca Juga :   Komisi I DPR Dorong Perpres Publisher Rights Jadi Undang-Undang

Di dalam wawancara tersebut saya menyampaikan bahwa Indonesia kurang sensitif dalam menempatkan duta besarnya di Arab Saudi. Menempatkan seorang duta besar yang sering mencaci maki Indonesia dan sering mencaci Arab Saudi, bahkan menyebut Arab Saudi sebagai negara biadab. Itu tentu sesuatu yang sangat keliru.

Namun dalam kesempatan itu saya tidak menyebutkan siapa yang saya maksud, sehingga ada persepsi seolah-olah duta besar yang saya maksud itu adalah Pak Agus Maftuh. Yang saya maksudkan bukan Pak Agus Maftuh, tapi adalah satu nama yang sebelumnya, beberapa bulan lalu Presiden RI mengirim ke DPR nama tersebut untuk ditempatkan sebagai dubes di Arab Saudi, yakni namanya Zuhairi Misrawi.

Ini fotonya. Ini yang saya maksud, lengkap dengan pernyataan-pernyataannya. Nanti saya bisa kirimkan apa saja yang dia katakan tentang Saudi. Termasuk pendapatnya tentang umrah, ‘umrah itu sesuatu yang hanya menghamburkan uang, hanya membantu devisa Arab Saudi, dan kita hanya dikadali oleh Arab Saudi’.

Karena itu, beliau menyampaikan, ‘seharusnya kita tidak perlu umrah. Kalau mau cukup ziarah kubur dan berdoa di sana dengan membaca Surat Yasin. Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak’. Namun yang seperti ini yang mau ditempatkan sebagai duta besar, dan diharapkan dia akan melakukan negosiasi untuk meningkatkan kuota haji kita. Saya kira ini betul-betul tidak sensitif. Itulah yang saya maksud. Mudah-mudahan dengan ini menjadi jelas.

 

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com