Nasional

UNICEF Khawatir Orang Tua Abaikan Imunisasi di Tengah Wabah Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pandemi virus corona (Covid-19) yang menerpa dunia sejak Januari lalu membuat organisasi PBB untuk anak-anak (UNICEF) khawatir orang tua tak mengantar buah hatinya mendapatkan imunisasi rutin.

Direktur Eksekutif UNICEF, Henrietta Fore, mengatakan hal itu juga bisa jadi dipicu karantina wilayah (lockdown), seruan di rumah saja, dan pembatasan sosial (Social Distancing), yang membuat para orang tua mendapatkan keputusan sulit untuk memenuhi imunisasi rutin bagi anaknya.

“Pada saat seperti ini, negara-negara ini tidak mampu menghadapi wabah tambahan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin,” kata Fore dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (28/9/2019).

“Barang-barang medis pasokannya sedikit, dan rantai pasokan pun berada di bawah tekanan karena gangguan transportasi. Pembatalan penerbangan, dan pembatasan perdagangan oleh negara-negara telah sangat membatasi akses ke obat-obatan penting,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Fore, UNICEF merekomendasikan setiap pemerintahan untuk mulai merencanakan dengan seksama kampanye imunisasi ketika Covid-19 mulai terkendali.

Terpisah, Kepala Program Imunisasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) Ann Lindstrand setuju dengan perhatian yang diwanti-wanti UNICEF.

“Ini akan menjadi tantangan khusus di mana cakupan vaksinasi sudah rendah,” tuturnya.

“Ada risiko bahwa lebih banyak orang akan meninggal karena dampak tidak langsung dari Covid-19, karena vaksinasi akan turun. Pasti akan ada lebih banyak kematian akibat [misalnya] campak,” ujarnya.

 

 

cnn

Baca Juga :   MK Minta 2 Menko Ungkap Kementerian-Lembaga Negara yang Terlibat dalam Bansos
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com