Nasional

Ustadz Dasad Latif Kritik Rasisme di Amerika Serikat

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Rasisme menjadi isu yang paling hangat diperbincangkan beberapa hari terakhir. Ini tak lepas dari kasus kematian pria Afrika-Amerika bernama George Floyd di tangan polisi kulit putih di Minnesota.

Aksi protes pun berlangsung terus menerus meski saksi terhadap polisi yang terlibat dalam kasus kematian George Floyd telah dijatuhi hukuman. Bahkan unjuk rasa semakin meluas ke berbagai negara. Para demonstran mengecam  masih adanya rasisme terjadi di negara superpower itu.

Menurut pendakwah kondang, Ustadz Das’ad Latif, rasisme bertentangan dengan konsep Islam. Sebab menurut ustaz Das’ad Latif salah satu misi diturunkan Alquran arah membebaskan manusia dari ras dan diskriminasi.

Menurut ustaz Das’ad ini dapat terlihat dari perintah Allah SWT dan Rasul-Nya untuk menghapuskan perbudakan. Dan karena itu pula, menurut Ustadz Das’ad, perbudakan hukumnya haram dan pelakunya terhukum berdosa.

Baca juga :  'Pemodal Dukung Capres, Pertanda Awal Redupnya Pers Indonesia'

Dia menjelaskan, Rasulullah SAW  menegakkan hukum tidak memandang suku, agama dan ras, tapi berdasarkan kebenaran dan keadilan, sangat jelas beliau menjelaslan  tidak ada perbedaan Arab dan bukan Arab kecuali taqwanya.

“Non-Muslim sekalipun, dilindungi hak-haknya termasuk dalam melaksanakan ibadahnya,” ucap Ustadz Das’ad kepada Republika,co.id pada Selasa (9/6/2020).

Ustadz Das’ad menjelaskan dalam ajaran Islam semua manusia kedudukannya sama di hadapan Allah. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran, orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.

Sebab itu, menurut Ustadz Das’ad, orang yang mulia bukan karena ras dan golongannya. Karenanya, ustaz Das’ad mengajak masyarakat Indonesia khsususnya untuk tidak melakukan perbuatan atau melontarkan perkataan rasisme.

Baca juga :  Warga Papua Segera Nikmati Transportasi Kereta Api

Untuk tidak terjerumus pada rasisme, menurut ustaz Das’ad, seseorang harus berupaya menjauhi kesombongan. Sebab kesombongan menjadi sifat yang melatarbelakangi lahirnya rasisme pada diri seseorang.

“Perilaku rasis sesungguhnya dilatari kesombongan dan keangkuhan. Kesembongan inilah biang pelecehan terhadap kemanusiaan,” ujarnya.

rpl

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com