Nasional

Wanita Renang dengan Pria Bisa Hamil, Berikut Faktanya

EDUNEWS.ID – Pernyataan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitty Hikmawatty membuat geger soal wanita yang berenang dengan laki-laki bisa hamil. Meski tak terjadi penetrasi, sperma tertentu yang sangat kuat dianggap bisa membuat wanita yang berada di fase subur hamil.

Verifikasi Fakta
Dilansir dari laman American Pregnancy, hal itu disebut tak benar atau hoax. Sebab, sperma yang berukuran mikro tak dapat melakukan perjalanan dalam area air yang luas pada kolam untuk mencapai vagina.

Bila ejakulasi terjadi dalam air hangat biasa, maka sperma hanya bisa bertahan beberapa menit. Tapi bila ejakulasi terjadi dalam air yang sangat panas atau mengandung bahan kimia khusus kolam renang atau zat lain, maka sperma tak akan mampu bertahan lebih dari beberapa detik.

Baca juga :  Presiden AS Minta Perdana Menteri Jepang Borong Produk Pertanian

Kehamilan tentunya sangat tidak mungkin terjadi dengan kondisi di atas. Dalam banyak kasus juga tak terjadi sama sekali.

Adapun akun pegiat dunia kesehatan, BlogDokter menilai KPAI tak berhak mengeluarkan pernyataan tersebut. KPAI diminta lebih baik diam ketika tak paham masalah kesehatan.

“Daripada komentar kalian menimbulkan keresahan dan kepanikan,” tulis BlogDokter.

Terkait hal ini, Sitti pun menjawab respons masyarakat. Ia bahkan meminta maaf atas pernyataannya yang membuat heboh publik.

“Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat,” tutur Sitty melalui keterangan resminya.

Ketua KPAI, Susanto pun merespons hal tersebut. Ia mengatakan pernyataan Sitty tak benar dan merupakan pernyataan pribadi.

“Dengan ini saya mencabut statement tersebut,” ucap Susanto.

Baca juga :  Kesetaraan Gender Penting untuk Jabatan Publik

vva

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!