Nasional

Wapres Ma’ruf Amin Klaim Penanganan Corona RI Lebih Baik dari Negara Lain

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengklaim penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang dilakukan Indonesia belakangan ini relatif lebih baik dari rata-rata dunia dalam menekan angka penularan dan korban meninggal dunia.

Hal itu ia katakan dalam acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik di lingkungan Polres/Polresta/Polrestabes/Polresmetro tahun 2020 secara daring, Selasa (16/2/2021).

“Penanganan pandemi yang relatif mampu menekan persentase jumlah korban tertular maupun meninggal pada level yang lebih baik dari rata-rata dunia,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menyebut pandemi virus corona telah memaksa pemerintah mengambil langkah-langkah luar biasa secara cepat untuk mengatasi penularan dan jatuhnya korban.

Dalam waktu yang sama pemerintah juga berupaya menjaga daya beli masyarakat seraya mengupayakan pemulihan ekonomi nasional.

Ia menjelaskan pelbagai kebijakan dan upaya pemerintah bersama masyarakat dalam menekan Covid-19 belakangan ini telah memberikan hasil yang baik.

Di bidang ekonomi, Ia mencatat tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 per kuartal terus membaik. Meski secara tahunan berkontraksi sekitar 2,07 persen.

“Penyerapan anggaran mencapai 96 persen dari pagu APBN dan penyaluran bansos dan bantuan bagi UMKM yang mencapai hampir 100 persen,” tutur dia.

Meski demikian, Ma’ruf menyadari tugas dalam mengatasi pandemi Covid-19 masih jauh dari tuntas. Karena itu, Ia menyatakan pemerintah menggalakkan program vaksinasi virus corona untuk menekan laju wabah tersebut.

Ma’ruf menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 bersifat wajib bagi yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan sebagai sasaran vaksinasi.

Ia turut meminta agar jajaran kepolisian bisa mengawal keberhasilan pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19.

“Saya ingin mengulangi kembali bahwa tugas ini tidak boleh gagal dan harus berhasil serta tuntas, karena vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk menekan dan mencegah penularan virus Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Ma’ruf.

cnn

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com