Nasional

WHO Sebut Virus Corona Adalah Darurat Kesehatan Global Terburuk

ilustrasi

EDUNEWS.ID – Pandemi COVID-19 yang dengan mudah telah menginfeksi lebih dari 16 juta orang merupakan darurat kesehatan global terburuk yang dihadapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Senin menyatakan bahwa hanya dengan kepatuhan ketat pada langkah-langkah kesehatan, mulai dari memakai masker hingga menghindari keramaian, dunia bisa mengalahkan COVID-19.

“Di mana langkah-langkah ini diikuti, kasus turun. Di mana tidak, kasus naik,” tutur Tedros yang memuji Kanada, China, Jerman, dan Korea Selatan yang berhasil mengendalikan wabah.

Kebangkitan virus corona di berbagai wilayah, termasuk di mana negara-negara mengira mereka telah mengendalikan penyakit ini, sedang mengkhawatirkan dunia yang mencatat hampir 650.000 kematian.

Kepala Program Kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan yang lebih penting daripada definisi gelombang kedua, puncak baru, dan klaster lokal, adalah kebutuhan bagi negara-negara di seluruh dunia untuk menjaga pembatasan kesehatan yang ketat seperti jarak fisik.

“Yang jelas adalah tekanan pada virus mendorong angka kasus turun. Lepaskan tekanan itu dan kasus-kasus merayap naik,” ucap dia, mengakui, bagaimanapun, bahwa hampir tidak mungkin bagi negara-negara untuk menutup perbatasan untuk masa mendatang.

Tedros menekankan prioritas tetap menyelamatkan hidup.

“Kita harus menekan penularan tetapi pada saat yang sama kita harus mengidentifikasi kelompok-kelompok rentan dan menyelamatkan nyawa, menjaga tingkat kematian jika mungkin menjadi nol, jika tidak seminimal mungkin,” ujar dia, memuji Jepang dan Australia dalam hal itu.

ant

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com