Nasional

Novanto 22 Kali Berobat Keluar Lapas Sukamiskin, Ini Penyakitnya

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Tim dokter Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat membeberkan riwayat penyakit terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto. Novanto pernah 22 kali berobat di luar selama mendekam di Lapas Sukamiskin Bandung.

Mayrina, salah seorang anggota tim dokter Kanwil Kemenkum HAM Jabar menuturkan, Novanto masuk ke Lapas Sukamiskin pada 4 Mei 2018. Mantan Ketum Partai Golkar tersebut tercatat sudah puluhan kali keluar Lapas Sukamiskin dengan alasan berobat.

“Sejak masuk ke Sukamiskin hingga saat ini beliau sudah dirujuk ke rumah sakit sebanyak 22 kali,” kata Mayrina saat ditemui di Kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Kamis (20/6/2019).

Baca juga :  UII Datangkan UAS, DPD RI: Sayangkan Penolakan Rektorat UGM

Mayrina mengatakan Novanto ‘membawa’ riwayat penyakit saat masuk ke Sukamiskin. Sejak menjadi tahanan KPK, Novanto didiagnosa mengidap sejumlah penyakit.

“Selama beliau ditahan di KPK riwayat penyakitnya jantung koroner, vertigo, saraf terjepit dan diabetes melitus,” jelas dia.

Menurut Mayrina, Novanto kerap bolak-balik ke rumah sakit baik di Jakarta maupun di Bandung. Di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) misalnya, Novanto sudah 4 kali dirujuk ke rumah sakit yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta itu.

“Dirujuk ke Borromeus sebanyak tiga kali, ke Rumah Sakit Hasan Sadikin tiga kali dan selebihnya di Rumah Sakit Santosa,” ujarnya.

Saat dirujuk terakhir kali ke Rumah Sakit Santosa itulah Novanto berulah. Novanto, yang dirawat sejak 12 Juni 2019 dan seharusnya pulang 14 Juni 2019, justru pelesiran ke toko bangunan di Padalarang.

Baca juga :  Buka Kelas Jauh, Rektor Universitas Manado Dipecat

Novanto disebut mengibuli petugas pengawal dengan dalih membayar biaya rumah sakit. Novanto lalu pergi ke Padalarang bersama istrinya Deisti Astriani Tagor.

Pelesiran Novanto pun terekam kamera dan fotonya tersebar. Akibat pelesiran itu, Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur Bogor yang bertipe super maximum security.

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!