Nasional

Paguyuban Asep se-Dunia Akan Berkumpul di Garut

GARUT, EDUNEWS.ID – Ribuan orang bernama Asep, salah satu nama khas orang Sunda, dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul dalam acara silaturahmi halal bihalal di Gedung Pendopo, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (24/06/2019). Acara ini diselenggarakan oleh Paguyuban Asep se-Dunia.

“Insya Allah besok (Minggu) Kabupaten Garut jadi tuan rumah pelaksanaan halal bihalal Paguyuban Asep Dunia, bagi siapa saja yang bernama Asep silakan datang,” tutur Ketua Paguyuban Asep se-Priangan Timur, Asep Jaelani kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, peserta bernama Asep diperkirakan akan mencapai ribuan orang untuk berkumpul saling sapa dan berbagi pengalaman dalam acara bertemakan “Riung Mungpulung Asep sa-Alam Dunia”.

Peserta tidak hanya berasal dari Garut, tetapi akan dihadiri dari beberapa daerah di Indonesia selain dari daerah Jawa Barat juga akan datang dari Kalimantan, Sumatra dan daerah lainnya.

“Tidak hanya berasal dari Garut atau Jawa Barat saja tapi dari luar Jawa Barat juga ada, yang sudah konfirmasi ke kami ada yang dari Aceh, Kalimantan, Batam dan daerah lainnya,” ucap Asep.

Ia mengungkapkan, nama Asep paling banyak dipakai orang Sunda, bahkan menjadi ciri khas daerah dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memiliki nama tersebut.

Nama yang mudah dikenal itu, kata dia, merupakan nama ungkapan kasih sayang dari orang tua kepada anak laki-lakinya.

“Asep ini nama kasih sayang dari orang tua kepada anak laki-laki, kalau perempuan “nyai”, dan kami bangga dengan nama Asep,” ujarnya.

Ia menambahkan, acara tersebut untuk melestarikan nama Asep, saat ini di Garut nama Asep lebih dari enam ribuan orang, sedangkan yang tergabung dalam paguyuban mencapai dua ribuan orang.

Baca Juga :   Komisi I DPR Dorong Perpres Publisher Rights Jadi Undang-Undang

Selama ini nama Asep, kata dia, tersebar di berbagai daerah dengan latar belakang profesi, ada yang menjadi pengusaha, pegawai negeri, seniman dan sebagainya. “Alhamdulillah nama Asep masih ada yang melestarikan, mudah-mudahan tidak punah

rpl

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com