News

Pasca Status Awas Gunung Agung, Australia Keluarkan Travel Warning

 

 

 

CANBERRA, EDUNEWS.ID – Ribuan turis Australia yang berencana mengunjungi Bali menghadapi situasi sulit. Pasalnya, perjalanan mereka terancam batal usai Kementerian Luar Negeri Australia mengeluarkan travel warning.

Kebijakan itu dikeluarkan setelah status Gunung Agung meningkat dari ‘siaga’ menjadi ‘awas’ pada Jumat 22 September 2017. Di akhir pekan ini, sudah lebih 15.000 warga desa seputar kaki Gunung Agung dievakuasi.

Pihak pejabat daerah telah mendeklarasikan periode darurat selamat satu bulan. Evakuasi penduduk itu dikeluarkan setelah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meningkatkan status maksimum level empat dan memperluas zona ekslusif hingga 12 kilometer jauhnya.

Dikutip dari The Australian pada Minggu (24/9/2017) travel warning itu dikeluarkan pada Sabtu 23 September 2017. Meski demikian, maskapai Jetstar yang memiliki penerbangan langsung ke Bali mengatakan, pihaknya akan tetap beroperasi sesuai jadwal.

Baca juga :  Soal Pengumuman Radikalisme,Fahri Hamzah : BIN Turunkan Reputasinya
Advertisement

“Namun, kami akan memonitor situasi,” kata juru bicara maskapai yang tiap minggunya menerbangkan 10 ribu penumpang dari Australia ke Bali itu.

Langkah yang sama diambil oleh Qantas, yang terbang ke Bali seminggu sekali. Tim meteorologi milik maskapai itu akan memonitor aktivitas Gunung Agung sementara jadwal mereka tetap berlangsung.

Liburan sekolah kini telah dimulai untuk negara bagian New South Wales, Victoria, Queensland, Western Australia dan ACT (Australian Capital Territory). Biasanya, angka turis di masa itu meningkat ke Bali.

Sementara itu, pekan depan, liburan sekolah akan dimulai di negara bagian Australia Selatan, Tasmania dan Northern Territory. Sekitar 1,2 juta warga Australia mengunjungi Indonesia tahun 2016 dan Bali menjadi tujuan utamanya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com