Ekonomi

PD Dharma Jaya Luncurkan Produk Pangan Olahan DJ Food, Anies Berharap Konsumsi Protein Anak Meningkat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan besama Dirut PD Dharma Jaya Raditya Endra Budiman memegang Produk Pangan Olahan bermerek DJ Food di Balai Kota Jakarta, Jumat petang (28/8/2020). (Dok: Istimewa)

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PD Dharma Jaya dan Mitra Usaha Merah Putih akan mengoptimalkan nilai tambah dari bahan baku hewani dalam rangka mengembangkan produk makanan pangan olahan kemasan kaleng dengan merk DJ Food yang terdiri dari kornet daging sapi, ikan sarden dan daging ayam.

Chairman Mitra Usaha Merah Putih (Mitra Ikan Merah Putih, Mitra Unggas Merah Putih, dan Mitra Ternak Merah Putih) Wahyu Taqwa Dhie mengatakan sebagai unit kemitraan usaha dibawah bendera Blambangan Group, pihaknya telah dipercaya sejak awal untuk mensupervisi dan mendampingi PD Dharma Jaya dalam pengembangan produk DJ.

“Blambangan Group melalui Kemitraan Usaha Merah Putih telah bahu-membahu melakukan supervisi dan pendampingan terhadap lahirnya branding utama produk pangan DJ Food milik PD Dharma Jaya mulai dari desain branding, desain label hingga pemenuhan administrasi izin edar,” ujar Wahyu di Balai Kota DKI, Jumat (28/8/2020).

Baca juga :  Anggaran Dipangkas, Mendikbud : Program Prioritas Pendidikan Tidak Terganggu

Wahyu menambahkan semua ini tidak terlepas dari strategi praktis Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman yang mengoptimalkan nilai tambah bahan baku hewani seperti yang diungkapkan sebelumnya.

“Jadi, bahan baku itu diolah dan dijadikan produk makanan kemasan secara siap saji dan siap santap. Tantangan tersebut akhirnya dapat diterjemahkan oleh kami dalam menghasilkan produk pangan olahan yang berkualitas,” ujar Wahyu.

Sinergi ini, tidak hanya mengeluarkan produk pangan olahan yang berkualitas saja, tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan di masa mendatang, melalui optimalisasi produsen dan distributor pangan, agar berpihak kepada sektor UMKM di bidang peternakan, perunggasan dan perikanan, jelas Wahyu.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi kerja sama PD Dharma Jaya dan PT Blambangan Foodpackers Indonesia yang melahirkan inovasi produk olahan pangan kemasan dalam kaleng bermerek DJ Food.

Baca juga :  Pegawai Perizinan Terpadu Satu Pintu Maros Bangun Rumah Tanpa IMB

Melalui produk baru tersebut, Anies berharap konsumsi protein di masyarakat akan meningkat, khususnya pada anak-anak di Jakarta.

“Kita berharap 7.500 ton per bulan akan diproduksi. Mudah-mudahan ini betul-betul membantu pemenuhan kebutuhan protein khususnya di Jakarta. Kita paham sekali terutama untuk anak-anak usia muda, kebutuhan atas protein itu terasa kurang dan seringkali bermasalah. Dan adanya pasokan seperti ini apalagi sudah siap saji, protein dan karbohidratnya itu satu paket. Maka mudah-mudahan bisa betul-betul memenuhi kebutuhan di masyarakat luas,” ujar Anies.

Advertisement

Menurut Anies PD Dharma Jaya berhasil memperluas pangsa pasar dan bisnisnya yang selama ini fokus pada bisnis hewan potong. Selanjutnya, Ia berharap DJ Food menjadi nilai tambah baru bagi peningkatan kualitas produk PD Dharma Jaya dan bisa menjadi inspirasi bagi BUMD lain untuk melahirkan inovasi di masa depan.

“Yang tidak kalah penting adalah ketika ini juga disiapkan untuk memasok kebutuhan di masa krisis. Tentu kita tidak berharap ada krisis. Tapi ketika ada bencana alam misalnya, maka harapannya ini bisa untuk mengisi kebutuhan di sini dan juga tim Dinas Sosial, maupun BPBD. Dan harapan kami, pasokan ini bisa dimanfaatkan. Di kalengnya ada tulisan pesan Dari Jakarta untuk Indonesia. Jadi bukan hanya di Jakarta, tapi kita harap bisa sampai ke seluruh Indonesia,” tuturnya.

Anies melanjutkan, salah satu tantangan dari pemberian bantuan pangan ketika terjadi krisis maupun bencana adalah pengemasan dan pengolahan. Melalui produk makanan kaleng, masyarakat diharapkan dapat makanan siap saji tanpa perlu pengolahan lebih lanjut dan risiko kerusakan yang kecil (lebih awet).

“Produk seperti ini akan punya durasi yang cukup panjang. Salah satu tantangan dari pemberian protein hewani adalah soal pengemasan. Kita selama ini ketika memberikan kepada masyarakat dalam bentuk daging mentah, maka tantangannya adalah daging itu bisa dimanfaatkan tanpa mengalami kerusakan. Ini merupakan terobosan yang sekarang dimanfaatkan karena awet dan siap saji,” ujarnya.

Kini produk-produk DJ Food akan memasuki pasar dan diharapkan dapat diterima oleh masyarakat. Berbagai varian DJ Food akan memperkaya produk kemasan kaleng di Indonesia dengan mewakili branding BUMD untuk penyajian pangan olahan dalam kemasan siap saji dan siap santap dengan kualitas baik.

“Saya sudah mencobanya. Kalau halalnya kita sudah tahu, dan ini juga enak rasanya. Insya Allah bukan saja ini terobosan tapi juga mendapatkan pangsa pasar yang besar. Saya ingin sampaikan terima kasih. Ini kolaborasi yang baik sekali antara PD Dharma Jaya dan PT Blambangan Foodpackers Indonesia,” tandasnya

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com